HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KEMAMPUAN MOTORIK TERHADAP HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK SISWA PUTRA KELAS VIII SMPN 36 SURABAYA

Prawira, Satrio Aguna (2020) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KEMAMPUAN MOTORIK TERHADAP HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK SISWA PUTRA KELAS VIII SMPN 36 SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (556kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (87kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (174kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (634kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci : Motivasi, Motorik dan Hasil Belajar Lompat Jauh.
Lompat jauh merupakan salah satu nomor lompat dalam cabang
olahraga atletik.. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui :
1. Hubungan motivasi belajar terhadap hasil belajar lompat jauh gaya
jongkok siswa putra putra kelas VIII SMPN 36 Surabaya. 2.
Hubungan Kemampuan motorik terhadap hasil belajar lompat jauh
gaya jongkok siswa putra putra kelas VIII SMPN 36 Surabaya. 3.
Hubungan motivasi belajar dengan kemampuan motorik terhadap
hasil belajar lompat jauh gaya jongkok siswa putra kelas VIII SMPN
36 Surabaya. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMPN 36 Surabaya
pada tahun ajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa putra kelas VIII SMPN 36 Surabaya yang terdiri dari 7
kelas dengan jumlah siswa 145 orang sedangkan sampel dalam
penelitian ini menggunakan sampel 15% dari jumlah populasi
sejumlah 22 siswa laki-laki kelas VIII SMPN 36 Surabaya. instrument
dalam penelitian ini adalah 1. Angket motivasi belajar siswa yang
terdiri dari 20 item. 2. Tes kemampuan motoric, yaitu (a) tes lompat
jauh tanpa awalan (b) pelaksanaan (c) tes sikap akhir lompat jauh.
Berdasarkan penelitian diperoleh kesimpulan :1. Motivasi Belajar
mempunyai hubungan yang signifikan dengan hasil belajar lompat
jauh gaya jongkok siswa putra kelas VIII SMPN 36 Surabaya dengan
nilai rhitung 0,463 dan rtabel 0,423. 2. Kemampuan motorik mempunyai
hubungan yang signifikan dengan hasil belajar lompat jauh gaya
jongkok siswa putra kelas VIII SMPN 36 Surabaya dengan nilai rhitung
0,443 dan rtabel 0,423. 3. Motivasi belajar dan kemampuan motorik
mempunyai hubungan yang signifikan dengan hasil belajar lompat
jauh gaya jongkok siswa putra kelas VIII SMPN 36 Surabaya dengan
nilai rhitung > rtabel, Fhitung < Ftabel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Jasmani (PenJas)
Depositing User: Retno Sulistyanto PERPUS
Date Deposited: 20 Feb 2023 04:10
Last Modified: 20 Feb 2023 04:10
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/3709

Actions (login required)

View Item
View Item