PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI SMAN 1 PADEMAWU (Studi kelas X-IPS 1)

Rofik, Ainur (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI SMAN 1 PADEMAWU (Studi kelas X-IPS 1). Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (800kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (191kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (311kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (766kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Pembelajaran, Kooperatif tipe STAD, Passing
Bawah, Bolavoli, Siswa.
Dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani di
sekolah khususnya di SMA Negeri Pademawu, guru dalam
memberikan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga hanya
bersifat ceramah. Model pembelajaran yang diberikan guru terlalu
monoton dan kurang bervariasi sehingga siswa menjadi kelihatan
cepat bosan dan terlihat kurang bersemangat, dan mengakibatkan
hasil belajar siswa menjadi kurang optimal. Oleh karena itu
diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat menciptakan suatu
kondisi belajar yang kondusif, serta dapat memberikan kecukupan
belajar gerak serta siswa dapat berperan aktif dalam mengikuti
pembelajaran. Seperti halnya model pembelajaran kooperatif tipe
Student Team Achievement Divisions (STAD) merupakan salah satu
model pembelajaran kooperatif yang menitikberatkan pada aspek
kerjasama, siswa diajak bekerja sama dalam kelompok kecil untuk
mempelajari setiap materi yang diberikan, sehingga memungkinkan
semua anggota kelompok bisa ikut berperan aktif dalam kegiatan
pembelajaran. Dan pada akhirnya siswa memperoleh kesempatan
yang cukup untuk mendapatkan pengetahuan dan melatih
keterampilan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah
direncanakan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1)
Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student
Team Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar passing
bawah pada permainan bolavoli. (2) Seberapa besar pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil
belajar passing bawah pada permainan bolavoli. Sasaran penelitian
ini adalah siswa kelas X-IPS 1 SMA Negeri 1 Pademawu dan jumlah
sampel yang diambil sebanyak 28 siswa . Metode dalam analisa ini
menggunakan metode statistik kuantitatif desikriptif dan komparatif.
Dari hasil perhitungan data yang telah dilakukan, diperoleh
perhitungan dengan nilai rata-rata Pre-test sebesar 21,5 dan nilai
rata-rata Post-test sebesar 28,8. Kemudian dalam perhitungan Uji t
diperoleh nilai t hitung 2,810 > nilai t tabel 2,054. Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penerapan
model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement
Divisions (STAD) terhadap hasil belajar servis bawah permainan
bolavoli pada siswa kelas X-IPS 1 SMA Negeri 1 Pademawu.
Besarnya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student
Team Achievement Divisions (STAD) memberikan pengaruh
peningkatan rata-rata hasil belajar servis bawah siswa sebesar 17,5%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Jasmani (PenJas)
Depositing User: Retno Sulistyanto PERPUS
Date Deposited: 20 Feb 2023 04:27
Last Modified: 20 Feb 2023 04:27
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/3781

Actions (login required)

View Item
View Item