Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Divisions Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Passing Atas Bola Voli Pada Siswi Ekstrakulikuler SMPN 12 Gresik.

Rahmadi, Dedy (2020) Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Divisions Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Passing Atas Bola Voli Pada Siswi Ekstrakulikuler SMPN 12 Gresik. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (653kB)
[thumbnail of 2. Abstrak dan Daftar isi.pdf] Text
2. Abstrak dan Daftar isi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (636kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (275kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci : Keterampilan Passing Atas
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada dan tidaknya pengaruh
metode pembelajaran STAD terhadap hasil belajar keterampilan
passing atas bola voli pada siswi ekstrakurikuler di SMPN 12 Gresik.
Hipotesis yang diajukan adalah ada pengaruh metode pembelajaran
kooperatif STAD terhadap keterampilan pasing atas permainan bola
voli, dimana semakin baik melakukan passing atas menggunakan
Metode Pembelajaran STAD, maka semakin bagus pula jumlah hasil
terbaik yang dilakukan pada saat passing atas secara individu.
Subyek penelitian ini adalah sebagian dari siswi Ekstrakurikuler
Bola Voli SMPN 12 Gresik yang berjumlah 20 orang. Desain yang
digunakan dalam penelitian eksperimen ini menggunakan rancangan
“two group pre testdanpost test design” yaitupre test (sebelum
perlakuan) dan post test (setelah perlakuan). Metode pengumpulan
data menggunakan Tes yang dilakukan secara individu, melakukan
passing atas se banyak-banyaknya dalam waktu 1 menit. Analisis
data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah rumus uji “t”.
Hasil penelitian ini diperoleh hasil perhitungan thitung>ttabel yaitu
4.532> 2.101, yang artinya signifikan. Pada penilitian ini telah
diperoleh bahwa kelompok eksperimen latihan penerapan metode
pembelajaran kooperatif STAD memperoleh nilai rata-rata lebih
tinggi yaitu sebesar 43.60 dibanding dengan kelompok control
sebesar 34.50., maka hasil analisis tersbut menunjukan bahwa
hipotesis alternatif (Ha) diterima. Sehingga dapat disimpulkan ada
perbandingan siswi yang memperoleh dan yang tidak memperoleh
pembelajaran kooperatif STAD ekstrakurikuler di SMPN 12 Gresik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Jasmani (PenJas)
Depositing User: Retno Sulistyanto PERPUS
Date Deposited: 20 Feb 2023 04:27
Last Modified: 20 Feb 2023 04:27
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/3789

Actions (login required)

View Item
View Item