PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI SELF INSTRUCTION DALAM KONSELING KELOMPOK TERHADAP KONFORMITAS SISWA KELAS VIII-H SMP NEGERI 2 SURABAYA

AMROZI, ACHMAD (2019) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI SELF INSTRUCTION DALAM KONSELING KELOMPOK TERHADAP KONFORMITAS SISWA KELAS VIII-H SMP NEGERI 2 SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (400kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (34kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (102kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (150kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Amrozi, Achmad. 2019. Pengaruh Penggunaan Strategi Self
Instruction dalam Konseling Kelompok terhadap
Konformitas Siswa Kelas VIII-H SMP Negeri 2 Surabaya.
Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling.
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas
PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing:
Dra. Kusbandiami, S.Psi., M.Pd.
Kata Kunci: Pengaruh Penggunaan Strategi Self Instruction,
Konseling Kelompok, Konformitas Siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
penggunaan strategi self instruction dalam konseling kelompok
terhadap konformitas siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan
one group pre-test post-test design yang merupakan kelompok
penelitian pra-eksperimental. Penelitian ini mengambil sampel
sebanyak 5 siswa yang mengalami masalah konformitas siswa.
Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive
sampling.
Pemberikan perlakuan strategi self instruction dalam
konseling kelompok selama 6 kali pertemuan. para responden yang
awalnya sulit menolak ajakan teman untuk melakukan hal negative
maka setelah pemberian perlakuan para responden dapat menolak
ajakan teman untuk lebih mengutamakan kepentingan pribadi serta
menyesuaikan diri dengan lingkunga sekitar.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pemberian
perlakuan strategi self instruction dalam konseling kelompok dapat
menurunkan konformitas siswa. Penurunan tersebut diketehaui
melalui uji wilcoxon dengan taraf signifikan 5% atau a = 0,05 dan N
= 5, p = 0,042 maka (0,042 < 0,05). maka hal ini dapat menunjukkan
bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya dapat diketahui bahwa
ada pengaruh yang signifikan strategi self instruction dalam
konseling kelompok terhadap konformitas siswa kelas VIII-H SMP
Negeri 2 Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 17 Jan 2023 07:31
Last Modified: 17 Jan 2023 07:31
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/3798

Actions (login required)

View Item
View Item