PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PENDEKATAN TAKTIS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PASSING FUTSAL PADA EKSTRAKURIKULER KELAS XI MA MA’ARIF SUMURBER

IRAWAN, MUHAMMAD ABDI (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PENDEKATAN TAKTIS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PASSING FUTSAL PADA EKSTRAKURIKULER KELAS XI MA MA’ARIF SUMURBER. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (733kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (272kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (295kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci : pembelajaran pendekatan taktis, keterampilan passing
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada dan tidaknya
pengaruh penggunaan model pembelajaran pendekatan taktis untuk
meningkatkan keterampilan passing futsal pada ekstrakurikuler
Kelas XI MA Ma’arif Sumurber. Hipotesis yang diajukan adalah ada
pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan model pembelajaran
pendekatan taktis untuk meningkatkan keterampilan passing futsal,
dimana semakin banyak siswa memasukkan bola ke dalam gawang
maka semakin baik jumlah hasil yang di peroleh siswa tersebut.
Subyek penelitian ini adalah siswa ekstrakurikuler futsal
kelas XI MA Ma’arif Sumurber yang berjumlah 12 orang. Dalam
penelitian ini menggunakan rancangan one group pretest posttest
design, desain ini berbentuk sederhana. Metode pengumpulan data
menggunakan Tes dan Pengukuran jumlah poin yang didapat dari
hasil melakukan passing melewati gawang dan menembus garis batas
1 ke garis batas 2, masing-masing siswa mendapat 10x kesempatan
untuk melakukan passing. Analisis data yang digunakan untuk
menguji hipotesis adalah rumus uji “t”.
Hasil penelitian ini didiperoleh perhitungan sebesar
sebesar 9,530. sedangkan pada dengan taraf signifikan 5%
adalah sebesar 1,796 atau ( > ) yaitu 9,530>1,796,
sehingga nilai lebih besar dari maka hasil analisis
tersebut menunjukkan bahwa ada peningkatan keterampilan passing
permainan futsal dengan penggunaan model pembelajaran
pendekatan taktis pada siswa kelas XI MA Ma’arif Sumurber.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Jasmani (PenJas)
Depositing User: Retno Sulistyanto PERPUS
Date Deposited: 20 Feb 2023 04:27
Last Modified: 20 Feb 2023 04:27
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/3823

Actions (login required)

View Item
View Item