Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Menggunakan Teori Polya

Antoro, Nimas Fauziah (2022) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Menggunakan Teori Polya. Skripsi thesis, Universitas PGRI ADI BUANA Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (667kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (314kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (338kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (328kB)
[thumbnail of 9. LAMPIRAN.pdf] Text
9. LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan potensi yang dimiliki oleh seorang siswa dalam menyelesaikan soal cerita, menyelesaikan soal-soal yang berbeda dan mengaplikasikan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu materi matematika yang menggunakan kemampuan pemecahan masalah matematika adalah Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMA pada materi SPLTV. Penelitian ini menggunakan tahapan Polya yang terdiri dari tahap memahami masalah, menyusun rencana, melaksanakan rencana dan memeriksa kembali. Penelitian ini menggunakan 6 subjek dari kelas X-IPA 2 SMA Negeri 1 Driyorejo dimana diambil kategori kemampuan matematis tinggi 2 subjek, kategori kemampuan matematis sedang 2 subjek dan kategori kemampuan matematis rendah 2 subjek. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian adalah siswa dengan kemampuan matematis tinggi dapat memenuhi tahapan pemecahan masalah matematika berdasarkan langkah Polya secara menyeluruh, siswa dengan kemampuan matematis sedang dapat memenuhi dua dari empat tahapan pemecahan masalah matematika berdasarkan langkah Polya, sedangkan siswa dengan kemampuan matematis rendah tidak dapat memenuhi empat tahapan pemecahan masalah matematika berdasarkan langkah Polya.
Kata kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, Teori Polya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Endah Yuni PERPUS
Date Deposited: 06 Apr 2023 07:35
Last Modified: 06 Apr 2023 07:35
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/3948

Actions (login required)

View Item
View Item