Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Perbedaan Gender

Azzahroh, Lailatusy Syakbaniyah (2022) Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Skripsi thesis, Universitas PGRI ADI BUANA Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (424kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (364kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (450kB)
[thumbnail of 9. LAMPIRAN.pdf] Text
9. LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Hasil penelitian PISA yang dirilis OECD pada tahun 2018, siswa di Indonesia masuk dalam kategori rendah yang ditunjukkan dengan peringkat Indonesia dalam bidang matematika yaitu 66 dari 73 negara, skor rata-rata 379 dari 487 skor internasional. Penelitian ini bertujuan untuk mendekskripsikan kemampuan literasi matematis siswa perempuan dan laki-laki yang berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah dengan kriteria soal mudah, sedang, dan sulit. Penelitian ini merupakan penelitian dekskriptif kualitatif, subjek yang digunakan yaitu 6 siswa dengan rincian 3 siswa perempuan dan 3 siswa laki-laki di SD Negeri Taman Probolinggo. Pengumpulan data dilakukan dengan dua tahapan tes yaitu Tes Kemampuan Matematika (TKM) dan Tes Kemampuan Literasi Matematika (TKLM) dan wawancara yang dianalisis menggunakan triangulasi teknik dan waktu. Penelitian ini juga menggunakan uji validitas, reliabilitas, dan kesukaran soal pada instrumen sebelum digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa perempuan lebih baik dari pada siswa laki-laki yang ditunjukkan dengan siswa perempuan dapat memnuhi 3 indikator literasi matematis sedangkan laki-laki hanya memenuhi 1 indikator literasi matematis.
Kata Kunci: Literasi Matematis, TKM, TKLM

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Endah Yuni PERPUS
Date Deposited: 13 Apr 2023 06:52
Last Modified: 13 Apr 2023 06:52
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/3963

Actions (login required)

View Item
View Item