PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI RESTRUKTURING KOGNITIF DALAM KONSELING KELOMPOK TERHADAP PERCAYA DIRI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KRIAN

Murobitho, Ahmad (2019) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI RESTRUKTURING KOGNITIF DALAM KONSELING KELOMPOK TERHADAP PERCAYA DIRI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KRIAN. Skripsi thesis, Universitas PGRI ADI BUANA Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (407kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (121kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (302kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Muribitho, Ahmad. 2019. Pengaruh Penggunaan Strategi
Restructuring Cognitive dalam Konseling Kelompok Terhadap
Percaya Diri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Krian. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Bimbingan dan Konseling.
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing: Dra.
Kusbandiami, M.Pd
Kata kunci: Teknik Restructuring Cognitive, Konseling Kelompok,
Percaya Diri.
Percaya diri merupakan keyakinan individu atas diri sendiri
yang meliputi berbagai aspek, yaitu keyakinan atas kemampuan diri,
berfikir rasional, realistis, optimis, dan bertanggung jawab. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui signifikansi pengaruh penggunaan
teknik restructuring cognitive dalam Konseling Kelompok terhadap
percaya diri siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Krian.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII B SMP
Negeri 2 Krian. Sampel dilakukan dengan purposive sampling untuk
mengambil satu kelas yaitu berjumlah 35 siswa. Dalam penelitian ini
menggunakan rancangan one group pre test post test. Variabel bebas
dalam penelitian ini adalah teknik Restructuring Cognitive dalam
konseling kelompok. Instrumen yang digunakan juga telah diuji
cobakan menggunakan spss for windows versi 1.6 dengan tingkat ke
valid an sebesar 0,344 dapat dinyatakan valid. Dari populasi 35 siswa
telah didapat menjadi 5 orang siswa
Dalam uji hipotesis terdapat pengaruh yang signifikan antara
teknik restructuring cognitive dalam konseling kelompok terhadap
percaya diri. yang telah diujikan melalui uji wilcoxon. Dari hasil uji
wilcoxon dapat diketahui bahwa Z (-2.033) dengan Asymp. Sig (2-
tailed) bernilai 0,042 dimana 0,042 ≤ 0,05 (taraf signifikan), maka
dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho di tolak yang artinya
adanya perbedaan antara pre-test dan post-test strategi restructuring
cognitive dalam konseling kelompok, sehingga terdapat pengaruh
yang signifikan “penggunaan strategi restructuring cognitif dalam
konseling kelompok terhadap percaya diri siswa kelas VIII SMP
Negeri 2 Krian”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 15 Aug 2022 03:45
Last Modified: 23 Nov 2022 01:32
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/403

Actions (login required)

View Item
View Item