MOTIVASI SISWA KELAS 5 SDN PUTAT JAYA I SURABAYA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI ERA PANDEMI

Eliana, Mis (2021) MOTIVASI SISWA KELAS 5 SDN PUTAT JAYA I SURABAYA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI ERA PANDEMI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (345kB)
[thumbnail of 2. Abstrak (Indo-Inggris).pdf] Text
2. Abstrak (Indo-Inggris).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (90kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (190kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (5MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Eliana, Mis. 2021. Motivasi Siswa Kelas 5 SDN Putat Jaya I Surabaya
Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di
Era Pendemi. Program Studi Pendidikan Jasmani.
Fakultas Pedagogi dan Psikologi. Univeritas PGRI Adi
Buana Surabaya. Pembimbing (1) Dr. Harwanto, M.Pd.
Pembimbing (2) Ramadhany Hananto, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Motivasi, Era Pandemi, Pendidikan Jasmani.
Penelitian ini dilatar belakangi pada masa era pandemi ini
pada dasarnya telah banyak upaya yang dilakukan seorang guru untuk
memotivasi siswa tetapi masih ada siswa yang memiliki motivasi
rendah. Hal ini tampak pada saat proses belajar berlangsung yaitu
dengan dijumpainya siswa yang menunjukan gejala-gejala kurang
bergairah saat belajar. Kadang-kadang terlihat siswa merasa bosan,
binggung dan tidak bergairah dalam mengikuti proses pembelajaran.
Kondisi ini dapat terjadi akibat berbagai faktor penyebab seperti era
pendemi saat ini.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian
ini menggunakan dua variabel, yaitu motivasi siswa dalam mengikuti
pembelajaran jasmani dan tingkat kesegaran jasmani. Dalam
penelitian ini dilakukan tanpa pengujian hipotesis. Penelitian ini
termasuk dalam kategori penelitian variabel mandiri karena penelitian
ini tidak menghubungkan antara satu variabel dan variabel yang lain.
Metode yang digunakan adalah metode survey, menurut S. Margono
yang dikutip Nurul Zuriah (2005: 26) metode survey adalah
pengematan atau penyelidikan yang kritis untuk mendapatkan
keterangan yang jelas dan baik terhadap suatu persoalan tertentu dan
dalam suatu daerah tertentu. Sedangkan cara pengambilan data
menggunakan angket serta tes dan pengukuran.
Dari penghitungan diperoleh harga Fhitung antara variabel
motivasi mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani (X) dengan
tingkat kesegaran jasmani (Y) diperoleh dari Ftabel = 6,554 / 16 df
sebesar 0,410. Sedangkan harga sig. dari tabel pada taraf signifikan
0,05 sebanyak 0,148. Karena harga sig. lebih besar dari harga
signifikan 0,05, maka dinyatakan garis regresi berbentuk linear
diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan garis regresi
antarvariabel motivasi mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani
dengan tingkat kesegran jasmani berbentuk linear.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Jasmani (PenJas)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 16 Aug 2022 08:31
Last Modified: 01 Dec 2022 07:39
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/488

Actions (login required)

View Item
View Item