PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI RESTRUKTURING KOGNITIF DALAM KONSELING KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN MINAT MEMBACA SISWA KELAS VIII E SMP NEGERI 2 TAMAN

Fitri, Intan Puspita (2019) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI RESTRUKTURING KOGNITIF DALAM KONSELING KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN MINAT MEMBACA SISWA KELAS VIII E SMP NEGERI 2 TAMAN. Skripsi thesis, Universitas PGRI ADI BUANA Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (391kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (38kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (43kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka & Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka & Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Fitri, Intan Puspita. Pengaruh Penggunaan Strategi Restrukturing
Kognitif dalam Konseling Kelompok Terhadap Peningkatan
Minat Membaca Siswa Kelas VIII E SMPN 2 Taman.
Program Studi Pendidikan Bimbingan dan Konseling.
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing: Boy
Soedarmadji, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Strategi Restrukturing Kognitif, Konseling Kelompok,
Minat Membaca Siswa
Minat baca adalah kecenderungan sikap yang ditunjukkan
dengan melakukan aktivitas membaca dilakukan dengan perasaan
senang dan dianggap penting dan berguna. Penelitian ini memiliki
tujuan untuk meningkatkan minat membaca siswa dan tujuan
penelitian ini adalah “pengaruh penggunaan strategi restrukturing
kognitif dalam konseling kelompok terhadap peningkatan minat
membaca siswa kelas VIII E SMPN 2 Taman”.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII
SMPN 2 Taman. Sampel dilakukan dengan menguunakan purposive
sampling untuk mengambil satu kelas yaitu kelas VIII E berjumlah
36 siswa. Dalam penelitian ini menggunakan rancangan one group
pre-test post-test design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah
strategi restrukturing kognitif dalam konseling kelompok. Metode
pengumpulan data menggunakan skala pengukuran yang telah
dilakukan uji validitas dan reliabilitas alpha cronbach’s. Hasil uji
validitas skala pengukuran minat membaca siswa antara -0.229
sampai 0,476, sedangkan hasil uji reliabiliti alpha cronbach’s
sebesar 0,686.
Data penelitian dianalisis menggunakan statistik non
parametrik dengan uji teknik uji wilcoxon pada SPSS for windows
versi 23.0 yang diperoleh Asym. Sig (2-tailed) sebesar 0,043. Nilai
Asym. Sig (2-tailed) = 0,043 ≤ 0,05. Dari hasil penelitian ini
ditemukan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan
penggunaan strategi restrukturing kognitif dalam konseling
kelompok terhadap peningkatan minat membaca siswa kelas VIII E
SMPN 2 Taman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 19 Aug 2022 03:07
Last Modified: 23 Nov 2022 03:51
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/521

Actions (login required)

View Item
View Item