PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI RESTRUKTURING KOGNIITF DALAM KONSELING KELOMPOK TERHADAP KEJENUHAN BELAJAR SISWA KELAS VIII-H SMP NEGERI 48 SURABAYA

Pramudia, Dwita Nor Laili (2019) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI RESTRUKTURING KOGNIITF DALAM KONSELING KELOMPOK TERHADAP KEJENUHAN BELAJAR SISWA KELAS VIII-H SMP NEGERI 48 SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI ADI BUANA Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (630kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (90kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (107kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka & Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka & Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (323kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Pramudia, Dwita Nor Laili. 2019. Pengaruh Penggunaan Strategi
Restrukturing kognitif dalam Konseling Kelompok
terhadap Kejenuhan Belajar Siswa Kelas VIII-H SMP
Negeri 48 Surabaya. Skripsi Program Studi Bimbingan dan
Konseling FKIP Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Dosen Pembimbing: Dra. Kusbandiami S.Psi., M.Pd.
Kata Kunci: kejenuhan belajar, restrukturing kognitif, konseling
kelompok
Kejenuhan belajar merupakan kondisi emosional ketika
seseorang siswa merasa lelah dan jenuh secara mental maupun fisik
sebagai akibat tuntutan pekerjaan akademik yang meningkat. Dengan
penggunaan strategi restrukturing kognitif membantu siswa untuk
mengetahui penyebab kejenuhan belajar yang dialaminya. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi
restrukturing kognitif dalam konseling kelompok terhadap kejenuhan
belajar siswa kelas VIII-H SMP Negeri 48 Surabaya.
Penelitian ini menggunakan rancangan Pra-experimental
One-Grup Pretest-Posttest Design. Populasi siswa kelas VIII-H SMP
Negeri 48 Surabaya yang berjumlah 39 siswa. Penelitian ini
menggunakan purposive sampling. Sampel berjumlah 5 siswa.
Metode pengumpulan data adalah skala pengukuran yang telah
melalui uji validitas dan reliabilitas alpha cronbach. Data penelitian
ini menggunakan Uji Wilcoxon dengan SPSS for windows 22.0.
Dari hasil penelitian bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan penggunaan strategi restrukturing kognitif dalam
konseling kelompok terhadap kejenuhan belajar siswa kelas VIII-H
di SMP Negeri 48 Surabaya, yang di tunjukkan melalui skor pre-test
dan post-test responden. Mean variabel kejenuhan belajar siswa (pretest) sebelum treatment 45.00, sedangkan mean variabel kejenuhan
belajar siswa (post-test) setelah treatment 34.60. Terjadi penurunan
kejenuhan yang dialami oleh siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 19 Aug 2022 03:18
Last Modified: 23 Nov 2022 04:07
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/524

Actions (login required)

View Item
View Item