Pengaruh Penggunaan strategi Doing Cognitive Home Work dalam Konseling Kelompok Terhadap Self Esteem pada Siswa Kelas VIII H SMP Negeri 1 Sukodono

Wulandari, Elsa (2019) Pengaruh Penggunaan strategi Doing Cognitive Home Work dalam Konseling Kelompok Terhadap Self Esteem pada Siswa Kelas VIII H SMP Negeri 1 Sukodono. Skripsi thesis, Universitas PGRI ADI BUANA Surabaya.

[thumbnail of 1.halaman depan.pdf] Text
1.halaman depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (828kB)
[thumbnail of 3. abstrk- daftar isi.pdf] Text
3. abstrk- daftar isi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (76kB)
[thumbnail of BAB I fix.pdf] Text
BAB I fix.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (150kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (66kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Wulandari, Elsa. 2019. Pengaruh penggunaan strategi doing cognitive
homework dalam konseling kelompok terhadap self esteem
pada siswa kelas VIII H SMP Negeri 1 Sukodono. Program
studi pendidikan bimbingan dan konseling fakultas keguruan
dan ilmu pendidikan. Universitas PGRI Adibuana
Surabaya.Pembimbing: Dra. Kusbandiami S.Psi M.Pd.
Kata kunci: strategi doing cognitive homework, konseling kelompok,
harga diri (self esteem)
Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyak nya siswa yang
mengalami harga diri rendah. Harga diri (self esteem) merupakan suatu
penghargaan atau penerimaan seseorang terhadap dirinya dalam kondisi
apapun. Pentingnya ada penghargaan diri adalah untuk mencapai
pengakuan, kebahagiaan dan keefektifan pribadi sehingga menjadi
sumber energi antusiasme yang mendorong seseorang untuk memiliki
rasa percaya diri dan mampu berprestasi. Penelitian ini menggunakan
dua variabel, variabel bebas yaitu strategi doing cognitive homework
dalam konseling kelompok dan variabel terikatnya yaitu self esteem.
Tujuannya adalah untuk mengetahui signifikansi pengaruh penggunaan
strategi doing cognitive homework dalam konseling kelompok terhadap
selgf esteem. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pra
eksperimental dengan one group pretest-postest design. Populasi yang
diambil sebanyak 35 siswa. Sampel penelitian sebanyak 5 siswa. Teknik
pengumpulan data menggunakan angket yang dikembangkan menjadi
skala pengukuran yang dilakukan uji validitas butir dan uji reliabilitas
Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan statistika non
parametric dengan uji wilcoxon pada SPSS for Ms windows versi 16.0
yang diperoleh asymp.sig = 0.027 oleh karena nilai asymp.sig = 0.001<
α = 0.05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Mean skor pretest adalah
23.00, terjadi kenaikan mean skor variabel self esteem pada siswa
sebanyak 4.6. dengan demikian, hipotesis dapat dibuktikan, ada
pengaruh signifikan penggunaan strategi doing cognitive homework
dalam konseling kelompok terhadap self esteem pada siswa kelas VIII
H SMP Negeri 1 Sukodono.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 19 Aug 2022 03:35
Last Modified: 23 Nov 2022 04:10
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/525

Actions (login required)

View Item
View Item