Penerapan Strategi Critical Incident Dalam Pembelajaran Menulis Informasi Tema 4 Materi Interaksi Sosial Di Kelas V Sd Hang Tuah X Sedati Juanda

Larasati, Fitri Ayu (2021) Penerapan Strategi Critical Incident Dalam Pembelajaran Menulis Informasi Tema 4 Materi Interaksi Sosial Di Kelas V Sd Hang Tuah X Sedati Juanda. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. Bagian depan.pdf] Text
1. Bagian depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (828kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (168kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (126kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA dan LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA dan LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (3MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Penerapan, Strategi critical insident, Menulis
informasi, dan Tema 4 subtema 1
Strategi pembelajaran aktif critical incident adalah
suatu strategi pembelajaran yang menuntut peserta didik untuk
aktif dalam belajar, sehingga mereka dapat memecahkan
berbagai masalah praktis dan menerapkan apa yang mereka
pelajari dengan mudah karena peserta didik melihat atau
mengamati dari pengalaman mereka sendiri yang berhubungan
dengan topik yang sedang dipelajari.. Salah satu yang
dikembangkan di kelas 5 dan cocok untuk diterapkan Strategi
Pembelajaran critical incident dalam menulis informasi pada
tema 4 subtema 1. Rumusan masalah dalam penelitian ini
yaitu “Bagaimana hasil belajar dalam pembelajaran menulis
informasi tema 4 materi interaksi sosial di kelas 5 dengan
penerapan strategi critical incident?” Tujuannya untuk
mengetahui hasil belajar siswa dalam pembelajaran menulis
informasi siswa pada tema 4 di kelas V SD Hang Tuah X
Sedati Juanda setelah penerapan strategi critical incident.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif
dengan metode deskriptif. Data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah proses yang mencakup aktivitas peserta
didik, dan hasil belajar siswa ranah pengetahuan. Sumber data
yaitu peserta didik di kelas V SD Hang Tuah X Sedati Juanda
yang berjumlah 26 peserta didik. Teknik pengumpulan data
yang digunakan yaitu melalui observasi dan tes. Teknik
analisis data dilakukan dengan hasil persentase, dan deskripsi.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat
disimpulkan strategi pembelajaran critical incident dalam
menulis informasi pada tema 4 subtema 1 peserta didik kelas
V SD Hang Tuah X Sedati Juanda dikategorikan “Sangat
baik”. Hal tersebut terbukti dengan melihat hasil observasi
aktivitas peserta didik mencapai 81,8% yang dikategorikan B
“Baik” selain itu, penilaian hasil belajar peserta didik ranah
pengetahuan (kognitif) memperoleh persentase 83,9% yang
dikategorikan SB “Sangat baik”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Retno Sulistyanto PERPUS
Date Deposited: 23 Aug 2022 02:47
Last Modified: 16 Jan 2023 04:48
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/540

Actions (login required)

View Item
View Item