PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI SELFMANAGEMENT DALAM KONSELING KELOMPOK TERHADAP RENDAHNYA TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA KELAS XI MIA 3 SMAS ITP SURABAYA

Jannah, Miftachul (2019) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI SELFMANAGEMENT DALAM KONSELING KELOMPOK TERHADAP RENDAHNYA TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA KELAS XI MIA 3 SMAS ITP SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI ADI BUANA Surabaya.

[thumbnail of 1.Halaman Depan.pdf] Text
1.Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (715kB)
[thumbnail of 2.Abstrak.pdf] Text
2.Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (75kB)
[thumbnail of 3.BAB I.pdf] Text
3.BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (132kB)
[thumbnail of 8.Daftar Pustaka&Lampiran.pdf] Text
8.Daftar Pustaka&Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Jannah, Miftachul. 2019. Pengaruh Strategi Self-Management
dalam Konseling Kelompok Terhadap Rendahnya Tanggung
Jawab Belajar Siswa Kelas XI MIA 3 SMAS Intensif Taruna
Pembangunan Surabaya. Jurusan Bimbingan dan Konseling
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Adi Buana Surabaya. Pembimbing: Dra.Kusbandiami S.Psi,
M. Pd.
Kata Kunci : Strategi Self-Management, Konseling Kelompok,
Rendahnya Tanggung Jawab Belajar Siswa.
Tanggung Jawab adalah kesanggupan untuk menentukan
sikap terhadap suatu perbuatan yang diemban dan kesanggupan
untuk memikul resiko dari sesuatu perbuatan yang dilakukan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh
penggunaan strategi Self-Management dalam konseling kelompok
terhadap rendahnya tanggung jawab belajar siswa SMAS ITP
Surabaya
Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian PreEksperimental One Group Pretest-Posttest Design. Populasi yang
diambil adalah para siswa kelas XI SMAS ITP Surabaya yang
berjumlah 30 siswa, dari populasi itu diambil sampel penelitian 5
orang siswa dengan menggunakan teknik Purposive Sample,
pemilihan sampel ini dipilih berdasarkan pada hasil skor tanggung
jawab belajar siswa yang rendah melalui pengisian skala pengkuran
tanggung jawab belajar siswa.
Metode pengumpulan data menggunakan skala pengukuran
yang telah dilakukan uji validitas butir dan uji reliabilitas AlphaCronbach. Hasil uji validitas butir skala pengukuran kemampuan
komunikasi interpersonal siswa. Berdasarkan hasil dari uji Wilcoxon
perhitungan diperoleh Asymp. Sig = 0,039. Perbandingan Asymp.
Sig = 0,039 < α = 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya
adalah terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan strategi
self-management dalam konseling kelompok terhadap tanggung
jawab belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 22 Aug 2022 03:35
Last Modified: 23 Nov 2022 07:22
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/548

Actions (login required)

View Item
View Item