PENGARUH STRATEGI RELAKSASI DALAM KONSELING KELOMPOK TERHADAP KEJENUHAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 GEDANGAN

Ernani, Elly (2019) PENGARUH STRATEGI RELAKSASI DALAM KONSELING KELOMPOK TERHADAP KEJENUHAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 GEDANGAN. Skripsi thesis, Universitas PGRI ADI BUANA Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (135kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (13kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka&Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka&Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (731kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Ernani, Elly. 2019. Pengaruh Strategi Relaksasi Dalam
Konseling Kelompok Terhadap Kejenuhan Belajar
Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Gedangan. Program
Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan
Dan Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Adi Buana
Surabaya.
Kata Kunci: Strategi Relaksasi, Kejenuhan, Konseling
Kelompok
Penelitian yang dilakukan di SMPNegeri 1
Gedangan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
strategi relaksasi dalam konseling kelompok terhadap
kejenuhan belajar. Kejenuhan belajar adalah suatu
permasalahan yang terjadi pada siswa dan harus mendapatkan
penanganan, baik penanganan dari siswa sendiri, keluarga,
maupun lingkungan sekolah. Pada lingkungan sekolah guru
bimbingan dan konseling memiliki peranan yang penting
dalam upaya mengatasi kejenuhan belajar siswa.
Pelaksanan strategi relaksasi dalam konseling
kelompok adalah satu strategi yang diberikan secara
kelompok dengan memanfaatkan dinamika kelompok untuk
mendapatkan prilaku yang diinginkan dengan mengurangi
kejenuhan belajar pada siswa. Terdapat perubahan skor dari
pre-test ke post-test pada setiap konseli antara 25% hingga
40%. Hal ini berarti bahwa treatment yang telah diberikan
mampu membuat perubahan pada siswa yang mengarah pada
hal yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 22 Aug 2022 04:25
Last Modified: 23 Nov 2022 07:28
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/550

Actions (login required)

View Item
View Item