Analisis Kemampuan Literasi Sains Di Kelas Iv Sdn Gayungan Ii/423 Surabaya

Saputri, Vidda Yulia (2021) Analisis Kemampuan Literasi Sains Di Kelas Iv Sdn Gayungan Ii/423 Surabaya. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of Halaman depan .pdf] Text
Halaman depan .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (454kB)
[thumbnail of Abstrak .pdf] Text
Abstrak .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (92kB)
[thumbnail of BAB I .pdf] Text
BAB I .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (173kB)
[thumbnail of DAPUS DAN LAMPIRAN.pdf] Text
DAPUS DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Analisis, Kemampuan Literasi Sains, SDN Gayungan
II/423 Surabaya.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan
literasi sains peserta didik di Indonesia. Literasi sains penting untuk
dikuasai oleh peserta didik dalam kaitannya dengan cara peserta
didik itu dapat memahami lingkungan hidup, kesehatan, ekonomi,
dan masalah-masalah lain yang dihadapi oleh masyarakat modern
yang sangat bergantung pada teknologi dan kemajuan, serta
perkembangan ilmu pengetahuan. Pada fenomena tersebut, ada hal
yang harus diperbaiki dalam pendidikan sains/IPA di Indonesia.
Pendidikan sains di Indonesia diajarkan mulai dari tingkat sekolah
dasar. Melalui pendidikan sains, anak dikenalkan dengan berbagai
konsep tentang dunia yang ada di sekelilingnya. Tujuan yang ingin
dicapai pada penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kemampuan
literasi sains di kelas IV-B SDN Gayungan II/423 Surabaya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif non
eksperimen dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah
siswa kelas IV-B di SDN Gayungan II/423 Surabaya dengan jumlah
29 anak. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah posttes dengan bantuan Microsoft Excel yang sebagian besar
menggunakan rumus SUM atau rumus yang digunakan untuk
mencari total dan menggunakan kunci jawaban pada tes yang telah
dibuat oleh peneliti.
Berdasarkan hasil sample tes yang telah dilakukan dapat
disimpulkan bahwa kemampuan literasi sains peserta didik di kelas
IV-B SDN Gayungan II/423 Surabaya tahun ajaran 2020/2021.
Terbagi menjadi 5 kriteria. Kriteria sangat tinggi terdapat 5 siswa, kriteria tinggi terdapat 11 siswa, kriteria sedang terdapat 13 siswa,
dan siswa tidak ada yang mendapat kriteria rendah dan sangat
rendah. Hal ini berarti tingkat literasi sains di kelas IV-B SDN
Gayungan II/423 Surabaya tergolong sedang dan dapat dibuktikan
dengan perolehan skor yang di dapat siswa pada saat penelitian
berlangsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Retno Sulistyanto PERPUS
Date Deposited: 23 Aug 2022 04:34
Last Modified: 11 Jan 2023 04:11
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/585

Actions (login required)

View Item
View Item