Analisis Hambatan Guru Dalam Pembelajaran Daring Pada Kelas V Sdn Sedati Gede Ii Sidoarjo Tahum 2020-2021

Aziz, Rahmawan Abdul (2021) Analisis Hambatan Guru Dalam Pembelajaran Daring Pada Kelas V Sdn Sedati Gede Ii Sidoarjo Tahum 2020-2021. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (767kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (97kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (304kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka & Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka & Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Hambatan Guru Dalam Pembelajaran Secara Daring di kelas V SD Sedati Gede II 2020-2021. Jenis penelitian ini adalah untuk menganalisis setiap Guru kelas V. Populasi dalam penelitian ini adalah Guru kelas VA dan VB dan VC SDN Sedati Gede II tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian skripsi ini adalah penelitian kualitatif denganpendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer yakni wawancara dan sumber data sekunder yang dapat menunjang penelitian. Materi dalam penelitian ini yaitu Pengumpulan data penelitian mengunakan instrumen yang meliputi wawancara dan angket. Data yang dikumpulkan terdiri dari data aktivitas guru dalam pembelajaran, data wawancara guru dalam pembelajaran dan data hasil tes siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Dalammelaksanakan pembelajaran daring tersebut guru mengalami beberapa kesulitan, diantaranya ada sebagian siswa yang tidak memiliki fasilitas seperti handphone android, keterbatasan sinyal, dan ada orang tua peserta didik yang kesulitan dalam membimbing anaknya. (2) Faktor yang mempengaruhi adanya kesulitan yaitu diantaranya yang dari sisi guru, beberapa guru belum bisa menggunakan aplikasi-aplikasi terkini seperti google classroom dan lainnya sehingga hanya memakai group whatsapp, dari sisi siswa yaitu ada sebagian peserta didik yang tidak memiliki fasilitas pembelajaran daring seperti handphone android,paket data (bisa dikatakan sebagai faktor ekonomi), keterbatasan sinyal dan ada sebagian orang tua yang tidak memantau anaknya dalam belajar (3) Solusi yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan yang ada selama pelaksanaan pembelajaran daring yaitu diantaranya dengan guru rutin melakukan komunikasi dengan orang tua peserta didik serta pemberian fasilitas paket data kepada guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Retno Sulistyanto PERPUS
Date Deposited: 23 Aug 2022 07:20
Last Modified: 03 Jan 2023 07:55
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/594

Actions (login required)

View Item
View Item