Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sdn Sedati Gede 2 Sidoarjo

Mufidah, Asita Al (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sdn Sedati Gede 2 Sidoarjo. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (761kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (94kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (219kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka & Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka & Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model
Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar
Matematika Siswa Kelas V . Jenis penelitian ini adalah penelitian ini
Pre- Eperimental dengan rancangan two grup pretest-posttest design.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VA dan VB
SDN SEDATI GEDE 2 Sidoarjo tahun ajaran 2020/2021. Kemudian
diangkat sampel dengan teknik sampling jenuh sehingga seluruh
populasi terpilih sebagai sampel penelitian yang dijadikan sebagai
kelas eksperimen atau yang diberi perlakuan dengan model Problem Based Learning yaitu kelas VA sebanyak 38 orang dan kelas VB sebagai kelas kontrol sebanyak 38 orang. Materi yang diangkat dalam penelitian ini yaitu Kecepatan, Jarak, Waktu. Pengumpulan data penelitian mengunakan instrumen yang meliputi tes. Data yang dikumpulkan terdiri dari data hasil tes peserta didik kelas VA dan kelas VB. Pelaksanaan pembelajaran dengan model Problem Based
Learning memberikan simpulan penelitian bahwa hasil yang diperoleh siswa setelah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning mendapatkan hasil yang lebih baik dari kelas kontrol maupun dari hasil pembelajaran sebelumnya. Dengan beberapa hasil dari berbagai uji yang dilakukan oleh peneliti maka dengan demikian
terdapat pengaruh dalam pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan hipotesis dapat menjawab rumusan masalah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Retno Sulistyanto PERPUS
Date Deposited: 23 Aug 2022 07:39
Last Modified: 16 Jan 2023 04:20
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/600

Actions (login required)

View Item
View Item