Penerapan Model Contextual Teaching And Learning Berbantu Media Powerpoint Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Lingkungan Sehat Siswa Kelas Ii Sdn Dukuh Menanggal I Pada Masa Pandemi Covid-19

Haryani, Erni Setiyo (2021) Penerapan Model Contextual Teaching And Learning Berbantu Media Powerpoint Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Lingkungan Sehat Siswa Kelas Ii Sdn Dukuh Menanggal I Pada Masa Pandemi Covid-19. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (284kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (185kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (319kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (676kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya kemampuan
berpikir kritis siswa kelas IIA SDN Dukuh Menanggal I Surabaya
pada materi lingkungan sehat saat pembelajaran daring. Penelitian ini
bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dengan
menerapkan model Contextual Teaching and Learning (CTL)
berbantu media powerpoint. Bentuk penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri
dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan
refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IIA SDN Dukuh
Menanggal I Surabaya dengan jumlah 27 siswa. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah tes siswa dan observasi
aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan dari data hasil tes siswa pada siklus I, siswa yang mencapai nilai KKM 81,4%. Siswa yang mencapai KKM pada siklus II sebanyak 100% dan dilihat dari data observasi aktivitas siswa menunjukkan pada siklus I sebesar 70,3% dan siklus II sebesar 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantu media powerpoint dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada materi lingkungan sehat siswa kelas IIA SDN Dukuh Menanggal I pada masa pandemi COVID-19.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Retno Sulistyanto PERPUS
Date Deposited: 23 Aug 2022 07:47
Last Modified: 16 Jan 2023 04:06
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/603

Actions (login required)

View Item
View Item