Analisis Implementasi Unsur Tpack Dalam Rpp Produk Pengembangan Mahasiswa Ppg

Hebrida, Sela Ainun (2021) Analisis Implementasi Unsur Tpack Dalam Rpp Produk Pengembangan Mahasiswa Ppg. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (687kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (36kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (319kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (5MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya perencanaan
pembelajaran untuk mencapai suatu tujuan. Guru harus membuat outline
yang berbentuk rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) terlebih dahulu
sebelum memasuki kelas, selain bermanfaat bagi guru sebagai panduan,
RPP juga bermanfaat untuk memprediksi keberhasilan pembelajaran,
mengantisipasi kemungkinan yang akan terjadi, memanfaatkan sumber
belajar secara optimal dan mengorganisasikan kegiatan pembelajaran secara
sistematis. Karena di masa pandemi Guru harus memiliki kemampuan
mengintegrasikan RPP dengan unsur Technological Pedagogical Content
Knowledge (TPACK) teknologi dalam pembelajaran, guru harus pandai
mengkombinasi materi pelajaran dengan menggunakan pedagogi dan
teknologi. Penelitian kuantitatif deskriptif ini menggunakan metode
kepustakaan. Subyek ini menggunakan 5 RPP daring produk pengembangan
mahasiswa PPG menggunakan menyimak dan mencatat dan dokumentasi.
Hasil analisis implementasi unsur TPACK dalam RPP produk
pengembangan mahasiswa PPG yaitu RPP telah mengimplementasikan
unsur TPACK rumusan tujuan pembelajaran dengan nilai analisis rata-rata
80% termasuk dalam kriteria Baik.RPP telah mengimplementasikan
teknologi dalam tujuan pembelajaran menggunakan unsur TPACK dengan
nilai analisis rata-rata 66% termasuk dalam kriteria Baik.RPP telah
mengimplementasikan unsur TPACK dalam kegiatan pembelajaran dengan
nilai analisis rata-rata 72% dengan kriteria baik.RPP telah
mengimplementasikan bahan ajar, media, LKPD menggunakan unsur
TPACK dengan nilai analisis rata-rata 76% termasuk dalam kriteria
Baik.RPP telah mengimplementasi unsur TPACK dalam strategi pada
rumusan kegiatan pembelajaran dengan nilai analisis rata-rata 67% dengan
kriteria baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Retno Sulistyanto PERPUS
Date Deposited: 23 Aug 2022 07:59
Last Modified: 03 Jan 2023 07:07
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/608

Actions (login required)

View Item
View Item