PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN STEM DENGAN MODEL PjBL PADA MATERI SUMBER ENERGI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Farahridha, Dena Nova (2021) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN STEM DENGAN MODEL PjBL PADA MATERI SUMBER ENERGI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (398kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (155kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (186kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA dan LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA dan LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (6MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujusn untuk menghasilkan perangkat
pembelajaran berbasis pendekatan STEM dengan model PjBL pada
materi sumber energi kelas IV Sekolah Dasar, keberhasilan
pembelajaran dengan mengembangkan sehingga proses belajar
berjalan secara efektif dan efisien. Perangkat pembelajaran yang
dikembangkan meliputi RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran),
Bahan Ajar, LKPD, Sumber dan Media Pembelajaran, dan Instrumen
Penilaian. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode
research and development atau metode penelitian pengembangan
dengan model 4D, tetapi pada penelitian ini mengguanakn sampai
pada tahap ke-3. Jenis penelitian ini merupakan penelitian
kuantitatif deskritif, penelitian ini melakukan kegiatan uji kelayakan
kepada validator ahli dan guru kelas pada pengembangan perangkat
pembelajaran berbasis pendekatan STEM dengan model PjBL pada
materi sumber energi kelas IV sekolah dasar. Hasil uji kelayakan
dalam pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan
STEM dengan model PjBL pada materi sumber energi kelas IV
sekolah dasar memiliki penilaian dari validator ahli dengan kategori
cukup baik yang artinya pengembangan perangkat pembelajaran
yang dikembangkan layak digunakan dalam perencanaan
pembelajaran serta jalannya kegiatan pembelajaran pada materi
sumber energi kelas IV.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Retno Sulistyanto PERPUS
Date Deposited: 25 Aug 2022 03:18
Last Modified: 16 Jan 2023 04:27
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/624

Actions (login required)

View Item
View Item