ANALISIS PERAN ORANG TUA DALAM PENDAMPINGAN PROSES ANAK BELAJAR DARI RUMAH DI SDN SEDATI GEDE II SIDOARJO

Faidah, Nurul (2021) ANALISIS PERAN ORANG TUA DALAM PENDAMPINGAN PROSES ANAK BELAJAR DARI RUMAH DI SDN SEDATI GEDE II SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (554kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (84kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (77kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah siswa dalam
pelaksanaan kegiatan belajar dari rumah yang membutuhkan adanya
peran guru sebagai pendamping ketika kegiatan belajar agar tujuan
pembelajaran dapat tercapai. Pelaksanaan kegiatan belajar yang
dialihkan dari rumah menjadikan peran guru digantikan oleh orang
tua di rumah. Oleh karena itu, orang tua dituntut untuk berperan
dalam pendidikan akademik anak ketika melaksanakan kegiatan
belajar dari rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran
orang tua dalam pendampingan proses anak belajar dari rumah di
SDN Sedati Gede II Sidoarjo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif.
Untuk mengetahui peran orang tua dalam pendampingan proses anak
belajar dari rumah digunakan teknik pengumpulan data angket,
wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dari penelitian ini adalah
guru, orang tua, dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan pada
penelitian ini yaitu dengan melakukan reduksi data, penyajian data,
penarikan kesimpulan. Keabsahan data dari penelitian ini dengan
triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran orang tua dalam
pendampingan proses anak belajar dari rumah adalah orang tua
berperan sebagai penyedia fasilitas belajar, pemberi bimbingan dan
motivasi, pendidik pengganti guru di sekolah selama kegiatan belajar
dari rumah dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Retno Sulistyanto PERPUS
Date Deposited: 25 Aug 2022 03:42
Last Modified: 11 Jan 2023 03:04
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/627

Actions (login required)

View Item
View Item