Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Powtoon Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iii Sdn Dukuh Menanggal 1 Surabaya

Aisyah, Dewi Nur (2021) Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Powtoon Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iii Sdn Dukuh Menanggal 1 Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA.

[thumbnail of 1. Halama Depan.pdf] Text
1. Halama Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (455kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (209kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (182kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Penelitia ini berjudul “Pengaruh Media Pembelajaran
Berbasis Powtoon Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN
Dukuh Menanggal 1 Surabaya” adapun rumusan masalah penelitian
yaitu “Apakah ada pengaruh media pembelajaran berbasis Powtoon
terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN Dukuh Menanggal 1
Surabaya”
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif quasi
eksperimen dengan bentuk preetets dan posttest. Populasi dalam
penelitian ini adalah kelas III di SDN Dukuh Menanggal 1 Surabaya,
dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas III C.
Media pembelajaran yang digunakan guru menjadi tolak ukur dalam
pembelajaran. Jika media pembelajaran yang dibuat oleh guru
menarik, dapat membuat suasana belajar yang baik maka
menghasilkan hasil belajar yang memuaskan. Powtoon merupakan
animasi berbasis web untuk membuat sebuah presentasi yang
memiliki fitur animasi yang sangat menarik.
Hasil belajar merupakan suatu hasil yang dapat siswa setelah
melakukan kegiatan belajar dan pembelajaran. Teknik pengumpulan
data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes. Hasil analisis
data preetest dapat di interprestasikan dan katagori baik. Sementara
hasil analisis data posttest menunjukkan rata-rata nilai hasil belajar
peserta didik dapat diinterpretasikan dan katagori sangat baik. Uji
hipotesis menggunakan statistik uji pairet sampel t- tes (uji t). Tentu
dalam pelaksanaan penelitian ini masil mengalami kendala yaitu
dalam aspek pembuatan dan penerapan media pembelajaran berbasis
Powtoon hal ini disebabkan akses jaringan internet yang tidak stabil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Retno Sulistyanto PERPUS
Date Deposited: 30 Aug 2022 05:37
Last Modified: 11 Jan 2023 06:09
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/641

Actions (login required)

View Item
View Item