Pengaruh Model Pembelajaran Multiliterasi Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Iv Sdn Dukuh Menanggal 1 Surabaya

Ningrum, Mita Setiya (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Multiliterasi Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Iv Sdn Dukuh Menanggal 1 Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA.

[thumbnail of 1.halaman depan (2).pdf] Text
1.halaman depan (2).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (837kB)
[thumbnail of 2.Abstrak.pdf] Text
2.Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (187kB)
[thumbnail of 3.BAB I new.pdf] Text
3.BAB I new.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (382kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (4MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan kenyataan yang ada di lapangan, dimana siswa
kurang menguasai kemampuan dalam menulis karangan deskripsi. Metode pembelajaran
merupakan suatu cara yang digunakan guru untuk merealisasikan strategi pembelajaran yang
telah ditetapkan. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan model multiliterasi untuk mengetahui
kemampuan siswa dalam keterampilan berbicara. Dengan menggunakan model multiliterasi
dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa dapat mengembangkan kalimat dengan
mencurahkan ide atau gagasan yang ada didalam pikirannya. Tujuan penelitian ini ialah untuk
mengetahui pengaruh model multiliterasi terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi pada
siswa kelas IV SDN Dukuh Menanggal I Surabaya.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain eksperimen
Quasi Experimental Design dan rancangan penelitian yang digunakan Postest-Only Only Design.
Sampel penelitian siswa kelas IV C yang berjumlah 35 siswa, menggunakan simple random
sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Tes digunakan untuk mengetahui
kemampuan siswa dalam menulis karangan deskripsi. Teknik analisis data menggunakan uji-t.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model multiliterasi terhadap
keterampilan berbicara pada siswa kelas IV SDN Dukuh Menanggal I Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Retno Sulistyanto PERPUS
Date Deposited: 30 Aug 2022 05:48
Last Modified: 11 Jan 2023 06:59
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/645

Actions (login required)

View Item
View Item