Implementasi Metode Mind Mapping Pada Motivasi Belajar Pembelajaran Daring Di Sdn Keboan Anom

Mustika, Nindya Wahyu (2021) Implementasi Metode Mind Mapping Pada Motivasi Belajar Pembelajaran Daring Di Sdn Keboan Anom. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (189kB)
[thumbnail of 3. BAB 1.pdf] Text
3. BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (205kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Pada bulan maret tahun 2020 pandemi virus covid 19
menyebabkan keadaan yang sangat darurat pada Negara, terutama
pada proses belajar mengajar di sekolah.. hal ini terdapat
permasalahan selama pembelajaran daring mulai dari guru kurang
bervariasi dalam menggunakan metode pembelajaran, menurunnya
tingkat motivasi belajar peserta didik. sehingga peserta didik kurang
antusias dan merasa cepat bosan saat pembelajaran daring
berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan
motivasi peserta didik setelah dilakukan implementasi metode mind
mapping selama pembelajaran daring di SDN Keboan Anom. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas V-A SDN Keboan Anom. Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi (aktivitas peserta didik
dan aktivitas guru), angket. Data dianalisis menggunakan teknik
kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
observasi aktivitas peserta didik terlaksana 13 kegiatan dengan
Persentase 93% dengan kategori sangat baik, observasi aktivitas guru
terlaksana 15 kegiatan dengan persentase 94 %, angket respon
peningkatann motivasi dengan presentase kriteria motivasi Sedang
sebanyak 10% dan motivasi tinggi sebanyak 90% , maka dapat
disimpulkan bahwa penggunaan metode mind mapping pada materi
daur hidup hewan baik digunakan dalam pembelajaran daring sangat
baik digunakan. Simpulan dari penelitian ini adalah implementasi
metode mind mapping sangat baik digunakan selama pembelajaran
daring berlangsung. Saran adalah hendaknya menerapkan metode
mind mapping sebagai salah satu alternative model pembelajaran
untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Retno Sulistyanto PERPUS
Date Deposited: 30 Aug 2022 07:38
Last Modified: 11 Jan 2023 05:45
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/653

Actions (login required)

View Item
View Item