Penerapan Strategi Belajar Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hak Dan Kewajiban Sebagai Warga Masyarakat Di Kelas V Sd Hang Tuah 10 Juanda

Utami, Sri (2021) Penerapan Strategi Belajar Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hak Dan Kewajiban Sebagai Warga Masyarakat Di Kelas V Sd Hang Tuah 10 Juanda. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (188kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (219kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini ialah lemahnya
pemahaman siswa terkait materi pembelajaran PPKn, sehingga
menurunnya hasil belajar siswa. Selama proses pembelajaran guru
masih belum merancang strategi belajar yang tepat. Tujuan dari
diadakannya penelitian ialah untuk mengetahui bagaimana pengaruh
strategi belajar Mind Mapping untuk meningkatkan hasil belajar
siswa pada materi hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat di
kelas V SD Hang Tuah 10 Juanda. Subjek penelitian ini ialah kelas
V-A SD Hang Tuah 10 Juanda dengan jumlah 24 siswa. Dengan
rancangan penelitian: Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan,
Refleksi dan penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus. Teknik
pengumpulan data yang digunakan ialah observasi siswa, observasi
guru, dan tes hasil belajar selama proses pembelajaran dengan
menggunakan strategi belajar Mind Mapping. Hasil dari penelitian
ini aktivitas siswa siklus I 85% dan siklus II 91%. Pada aktivitas
guru siklus I 73% dan siklus II 82%. Pada tes hasil belajar siswa
persentase ketuntasan siklus I 67% dengan rata-rata tes hasil belajar
76, persentase ketuntasan siklus II 87% dengan rata-rata tes hasil
belajar siswa 83%. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan
menggunakan strategi belajar Mind Mapping dapat meningkatkan
hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Retno Sulistyanto PERPUS
Date Deposited: 30 Aug 2022 07:43
Last Modified: 11 Jan 2023 04:49
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/655

Actions (login required)

View Item
View Item