Penerapan Strategi Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Siswa (Pbas) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Materi Daur Hidup Hewan Di Sdn Margorejo 1/403 Surabaya

Chamidah, Nurul Lailatul (2021) Penerapan Strategi Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Siswa (Pbas) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Materi Daur Hidup Hewan Di Sdn Margorejo 1/403 Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (573kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (201kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (136kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA dan lampiran.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA dan lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (3MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini yaitu menurunnya aktivitas
siswa selama proses pembelajaran daring, sehingga berpengaruh
pada hasil belajar yang diperoleh siswa. Hal ini dikarenakan guru
belum menggunakan strategi pembelajaran yang tepat. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa dan juga guru, serta
untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan
strategi Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Siswa (PBAS) pada
materi daur hidup hewan siswa kelas V-C di SDN Margorejo 1/403
Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan
Kelas (PTK). Model dalam penelitian ini menggunakan model Kurt
Lewin yang terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan, dan refleksi. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa
kelas V-C di SDN Margorejo 1/403 Surabaya dengan jumlah 38
siswa. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini aktivitas siswa siklus
I 56% dan siklus II 80%. Pada aktivitas guru siklus I 83,9 % dan
siklus II 94,6%. Pada tes hasil belajar siswa persentase ketuntasan
siklus I 31,5% dengan rata-rata tes hasil belajar 76,9%. Sedangkan
tes hasil belajar siswa pada siklus II persentase ketuntasan 84,2%
dengan rata-rata 84,6%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa
penerapan strategi pembelajaran berorientasi aktivitas siswa dapat
meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Retno Sulistyanto PERPUS
Date Deposited: 30 Aug 2022 07:49
Last Modified: 11 Jan 2023 06:22
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/657

Actions (login required)

View Item
View Item