Penerapan Media Visual Belajar Power Point Berbasis Hots Pada Materi Ipa Kelas V Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 1dan 2

Hanim, Khoriah (2021) Penerapan Media Visual Belajar Power Point Berbasis Hots Pada Materi Ipa Kelas V Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 1dan 2. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (6MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (6MB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (6MB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (6MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan
penerapan media visual pembelajaran Power Point berbasis Hots pada
materi IPA di kelas V Tema V Subtema 1 Pembelajaran 1 & 2. (2)
Untuk menjelaskan respon siswa terhadap penerapan media visual
pembelajaran Power Point berbasis Hots pada materi IPA di kelas V
Tema V Subtema 1 Pembelajaran 1 & 2. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. penelitian ini
dilaksanakan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik dalam
proses evaluasi pembelajaran dengan menerapkan media visual
belajar melalui power point yang melibatkan siswa aktif dalam
kegiatan pembelajaran. Metode ini dilakukan dengan menggunakan 6
(enam) tahap perencanaan, yaitu Identifikasi masalah mulai analisis
peserta didik, Membuat perangkat pembelajaran instrumen evaluasi,
Melakukan validasi perangkat pembelajaran, Menyiapkan instrumen
tes, Menyiapkan instrumen angket respon siswa, Menentukan sasaran
yang akan di teliti. Keenam tahap tersebut merupakan siklus yang
berlangsung yang difokuskan pada pembelajaran peserta didik dalam
pembelajaran IPA sebagai tujuan peneliti yang dilakukan.
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November-Desember
2020 di SDN Kebondalem Mojosari dengan subjek penelitian pada
peserta didik kelas V yang berjumlah 37. Penelitian ini dilakukan
dengan 2 (dua) tahap pembelajaran.
Berdasarkan hasil data dari tes menunjukan bahwa hasil
penelitian yang diperoleh yaitu 94,6% dan hasil angket memperoleh
86,5%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan media
visual belajar power point berbasis hots pada materi IPA kelas V tema
5 subtema 1 pembelajaran 1 dan 2 membuat peserta didik lebih aktif,
berpikir kritis, dan berkriteria baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Retno Sulistyanto PERPUS
Date Deposited: 30 Aug 2022 09:11
Last Modified: 11 Jan 2023 06:23
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/662

Actions (login required)

View Item
View Item