Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Media Gambar Siswa Kelas V Sdn Margorejo 1/403 Surabaya

Anggoro, Bimo (2021) Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Media Gambar Siswa Kelas V Sdn Margorejo 1/403 Surabaya. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (762kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (188kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (211kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka & Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka & Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (4MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

kripsi yang seharusnya disampaikan kepada siswa secara runtut.
Pertama guru menjelaskan terlebih dahulu kepada siswa tentang
karangan deskripsi, kedua memberi contoh kepada siswa karangan
deskripsi, ketiga cara membuat karangan deskrpsi seperti membuat
kerangka karangan terlebih dahulu dan yang terakhir memberi tugas
siswa untuk menulis karangan deskripsi. Itu semua tidak sesuai
ekpetasi terkadang guru lupa dan tidak menyampaikan tahapan
menulis karangan deskripsi secara runtut. Disini guru menyajikan
gambar kepada siswa dari sumber lain atau tidak dari buku tema
sehingga membuat siswa tidak bosan dalam pembelajaran. Penelitian
ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dan
keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas V SDN
Margorejo 1/403 Surabaya.
Penelitian ini termasuk penelitian kulitatif deskriptif. Objek
penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Margoreo 1/403
Surabaya. Peneliti melakukan uji banding antara 3 kelas V sehingga
mendapatkan kelas V-C sebagai objek penelitian. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes peserta
didik. Teknik analisis data dengan menggunakan data display
menyajikan data kedalam bentuk teks naratif.
Media gambar yang dimasukkan kedalam Power Point dan di
design dengan menarik membuat peserta didik lebih semangat dalam
proses pembelajaran. Proses pembelajaran menulis karangan deskripsi
siswa kelas V terlaksana dengan baik dan keterampilan menulis
karangan deskripsi siswa kelas V SDN Margorejo 1/403 Surabaya
pada tema 5 subtema 2 pembelajaran 2 dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Retno Sulistyanto PERPUS
Date Deposited: 31 Aug 2022 03:54
Last Modified: 11 Jan 2023 06:29
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/685

Actions (login required)

View Item
View Item