Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Jaring-Jaring Makanan Kelas V Sdn Menanggal 601 Surabaya

Amandhanie, Lely (2021) Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Jaring-Jaring Makanan Kelas V Sdn Menanggal 601 Surabaya. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (3MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (3MB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (3MB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (3MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pandemi saat ini
yang mengharuskan siswa belajar dari rumah. Di masa pandemi
seperti ini memerlukan model pembelajaran yang dapat memotivasi
dan mengembangkan kekreatifan siswa, dengan menggunakan model
project based learning dapat merangsang motivasi dan
meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian yang ingin
dicapai yaitu untuk mengetahui pengaruh model project based
learning terhadap hasil belajar siswa materi jaring-jaring makanan
kelas V SDN Menanggal 601 Surabaya.
Jenis metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian
kuantitatif tipe quasi eksperimen design tipe nonequivalent control
group design. Populasi adalah seluruh siswa SDN Menanggal 601
Surabaya dan sampel yang digunakan adalah kelas V-A sebagai
kelas kontrol dan kelas V-B sebagai kelas eksperimen. Teknik
pengumpulan data yang digunakan berupa teknik tes dan
dokumentasi. Alat pengumpulan data dengan menggunakan google
form, foto dan video. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji
prasyarat dan uji hipotesis yang menggunakan aplikasi SPSS 25.
Berdasarkan hasil uji Independent sample T-Test
menunjukkan bahwa t-hitung yang diperoleh (0,293) sedangkan ttabel yang diperoleh (3,963472) dari hasil tersebut dapat diketahui
bahwa nilai t-hitung < t-tabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima,
sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model project
based learning terhadap hasil belajar siswa materi jaring-jaring
makanan kelas V SDN Menanggal 601 Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Retno Sulistyanto PERPUS
Date Deposited: 31 Aug 2022 04:05
Last Modified: 03 Jan 2023 05:17
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/689

Actions (login required)

View Item
View Item