Strategi Guru Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Untuk Kelas Iv Sdn Margorejo 1 Surabaya

Cahyani, Audita Ruth (2021) Strategi Guru Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Untuk Kelas Iv Sdn Margorejo 1 Surabaya. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka & Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka & Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Prinsip dari pembelajaran jarak jauh ini adalah peserta didik
dapat mengakses materi dan sumber tanpa batas waktu dan tempat.
Kegiatan pembelajaran jarak jauh dapat mendukung proses
pembelajaran tatap muka yang tertunda adanya Covid-19. Oleh
karena itu guru diharuskan menyiapkan perangkat pembelajaran
yang memungkinkan siswa untuk belajar dari rumah (BDR), guru
juga diharuskan mengubah strategi belajar mengajarnya. Penggunaan
metode pengajaran yang tepat maupun sikap dan perilaku guru dalam
mengelola proses belajar mengajar sangat dibutuhkan saat
pembelajaran jarak jauh semua ini dilakukan agar memberikan akses
pembelajar yang tak terbatas oleh ruang dan waktu peserta didik
selama di berlakukannya masa kondisi virus Covid-19.Tujuan
penelitian ini untuk mendeskripsikan Strategi guru dalam
pembelajaran jarak jauh untuk kelas 4. Sumber data yang digunakan
adalah guru kelas 4. Pendekatan penelitian menggunakan
pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik
analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, display
data, dan penarikan kesimpulan. Dan keabsahan data menggunakan
triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi guru
dalam pembelajaran jarak jauh memanfaatkan teknologi yang ada
dengan menggunakan google meet untuk melakukan pembelajaran ,
menggunakan aplikasi Whatsapp Grup untuk menginformasikan
kegiatan pembelajaran yang akan berlangsung dan juga pemberian
tugas melalui google form, office 365 ataupun melalui whatsapp
grup. Simpulan dan saran diberikan agar penelitian ini dapat
bermanfaat bagi pembaca, khususnya bagi pendidik yang ingin
menambah wawasan serta perbaikan strategi dalam pembelajaran di
sekolah.
Kata Kunci : Strtaegi guru, Pembelajaran Jarak Jauh

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Retno Sulistyanto PERPUS
Date Deposited: 31 Aug 2022 04:07
Last Modified: 03 Jan 2023 05:30
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/690

Actions (login required)

View Item
View Item