Pengaruh Pembelajaran Online Melalui Aplikasi Zoom Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 5 Sdn Gayungan 2 Surabaya

Juliana, Dita (2021) Pengaruh Pembelajaran Online Melalui Aplikasi Zoom Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 5 Sdn Gayungan 2 Surabaya. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (418kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (267kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (173kB)
[thumbnail of DAPUS .pdf] Text
DAPUS .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan
pembelajaran online dengan menggunakan berbagai aplikasi sebagai
teknologi komunikasi antara pendidik dengan siswa. Tujuan
penelitian ini untuk mendeskripsikan respon siswa pada pelaksanan
pembelajaran online melalui aplikasi zoom dan mengetahui pengaruh
pembelajaran online melalui aplikasi zoom terhadap hasil belajar
siswa kelas 5 SDN Gayungan 2 Surabaya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuanitatif
deskriptif dengan menggunakan desain penelitian Quasi
Experimental Design. Subjek penelitian adalah kelas 5 A dan Kelas 5
B di SDN Gayungan 2 Surabaya. Menggunakan teknik sampling
jenuh dimana populasi dijadikan sampel. Metode pengumpulan data
yang digunakan adalah angket dan soal tes. Angket menggunakan
rumus persentase sedangkan soal tes untuk hasil belajar
menggunakan metode statistika dengan rumus digunakan adalah tes
yang sesuai dengan judul penelitian yaitu Pengaruh Pembelajaran
Online Melalui Aplikasi Zoom Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 5
SDN Gayungan 2 Surabaya. Digunakan posttest maka dengan uji t
menggunakan aplikasi SPSS versi 26.0.
Berdasarkan hasil paired samples test menggunakan aplikasi
SPSS versi 26.0 menunjukan bahwa hasil penelitian t-hitung yang
diperoleh yaitu (0,005). Sedangkan t-tabel yang diperoleh (0,002).
Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa nilai t-hitung > t-tabel
sehingga ditolak dan diterima. Artinya dapat disimpulkan
bahwa ada pengaruh pembelajaran online melalui aplikasi zoom
terhadap hasil belajar siswa kelas 5 SDN Gayungan 2 Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Retno Sulistyanto PERPUS
Date Deposited: 31 Aug 2022 06:34
Last Modified: 03 Jan 2023 05:10
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/691

Actions (login required)

View Item
View Item