Analisis Perilaku Belajar siswa Belajar di Rumah (BDR)

Rachmah, Ainur (2021) Analisis Perilaku Belajar siswa Belajar di Rumah (BDR). Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN AWAL.pdf] Text
1. HALAMAN AWAL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (748kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (11kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (284kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sistem pembelajaran selama pandemi covid-19
sehingga proses pembelajaran dilaksanakan melalui Belajar dari Rumah (BDR).
Sebagaimana tercantum dalam Surat Edaran Kemendikbud Nomor 4 Tahun 2020
tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran
(COVID-19). Kegiatan Belajar dari Rumah (BDR) ini diharapkan dapat akan
mendukung proses pembelajaran jarak jauh dan mempermudah dalam penyebaran
materi kepada peserta didik. Banyak kendala atau kesulitan yang dihadapi oleh siswa
terutama perilaku belajarnya ketika belajar di rumah. Dimana selama proses pembelajaran
di rumah terdapat faktor yang mempengaruhi perilaku belajarnya diantaranya rasa bosan,
kurang disiplin dalam mengikuti daring, dan kurang fokus dalam nyimak pembelajaran.
Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan Perilaku
Belajar Siswa saat belajar Di Rumah (BDR). Penelitian ini menggunakan pendekatan
penelitian Deskriptif kualitatif dengan Subjek penelitian adalah Siswa kelas 6 orang tua,
siswa itu sendiri, dan kakak siswa. Data diambil menggunakan metode triangulasi waktu,
sumber, dan teknik dengan hasil observasi didukung dengan hasil wawancara. Hasil
penelitian secara deskriptif menunjukkan bahwa perilaku belajar siswa Masih kurang
stabil Perlu motivasi dari orang tua agar perilaku siswa bisa lebih baik selama melakukan
proses pemlajaran di rumah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Retno Sulistyanto PERPUS
Date Deposited: 31 Aug 2022 06:38
Last Modified: 03 Jan 2023 05:06
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/693

Actions (login required)

View Item
View Item