Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 1 Sifat-Sifat Cahaya Kelas 4 Sd Melalui Pembelajaran Jarak Jauh

Maisarah, Nabila (2021) Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 1 Sifat-Sifat Cahaya Kelas 4 Sd Melalui Pembelajaran Jarak Jauh. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Awal.pdf] Text
1. Halaman Awal.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (689kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (14kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (506kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka.pdf] Text
8. Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (496kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Model pembelajaran Project Basic Learning adalah model
pembelajaran yang melibatkan siswa secara langsung menghasilkan suatu
proyek atau produk pembelajaran. Dalam pembelajaran berbasis proyek
ini, siswa dituntut untuk membangun pemikiran dan keterampilan
berkomunikasi. Pembelajaran berbasis proyek merupakan model
pembelajaran untuk melatih para siswa menyelesaikan masalah yang
mereka hadapi secara mandiri atau berkelompok. Pada saat pembelajaran
jarak jauh ini siswa lebih menyelesaikan masalah proyek atau produk
yang mereka hadapi secara mandiri dirumah masing- masing.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan dalam memilih
model pembelajaran yang tepat untuk mengajar terkait ranah kognitif,
afektif dan psikomotorik. Pada penelitian ini, model yang digunakan
adalah Project Based Learning Pada Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 1
sifat-sifat cahaya kelas IV SD melalui pembelajaran jarak jauh tahun pelajaran 2019/2020. Dalam proses pembelajaran siswa
dapat membuat sebuah produk yang dilakukan secara individu di rumah
masing-masing, yaitu alat-alat cahaya menembus benda bening, cahaya
dipantulkan, cahaya dibiaskan. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1)
mendiskripsikan proses penerapan (2) mendiskripsikan respon siswa
dalam pelaksanaan model project based learning. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian yaitu menggunakan pendekatan
kualitatif deskriptif. Data penelitian ini menggunakan angket respon
siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD di SDN Margorejo
1 Surabaya dengan jumlah 25 anak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Retno Sulistyanto PERPUS
Date Deposited: 31 Aug 2022 06:41
Last Modified: 11 Jan 2023 03:05
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/694

Actions (login required)

View Item
View Item