ANALISIS PROSES BELAJAR MENGAJAR SECARA DARING PADA PELAJARAN PJOK KELAS 5 SD KH. M. NOER DI MASA PANDEMI COVID-19

Mahendra, Rian Putra (2021) ANALISIS PROSES BELAJAR MENGAJAR SECARA DARING PADA PELAJARAN PJOK KELAS 5 SD KH. M. NOER DI MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (462kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (188kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (200kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Rian, Putra M. 2020. Analisis Proses Belajar Mengajar Secara
Daring Pada Pelajaran PJOK Kelas 5 SD KH. M.
NOER Di Masa Pandemi Covid-19. Program Studi
Pendidikan Jasmani. Fakultas Pendagogi dan Psikologi
.Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing
Dr. Muhammad Muhyi., M.pd.
Kata Kunci : Proses Belajar Mengajar daring, Pandemi,
Covid-19.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya aturan
proses belajar mengajar dirumah dari Mentri Pendidikan, guna
mencegah penyebaran virus Covid-19 di Indonesia. Dengan
adanya kebijakan belajar dari rumah untuk seluruh sekolah
yang ada di Indonesia, maka menjadi tugas dan tantangan
baru bagi para Pendidik untuk mencari metode apakah yang
efektif bagi program belajar mengajar dirumah. Maka dari itu
keberhasilan seorang guru dalam pembelajaran sangatlah
diharapkan, karena untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan
suatu persiapan yang sangat matang. Jadi salah satu metode
terbaru untuk proses belajar mengajar dari rumah yaitu,
metode DARING (Dalam Jaringan) atau pembelajaran via
online.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif
dengan menggunakan 2 teknik pengambilan data yaitu,
pengisisian kuesioner dan teknik wawancara yang telah
dilaksanakan pada sekolahan SD KH. M NOER Surabaya.
Pada pengisian kuesioner peneiti mengambil sampel 10
peserta didik, 10 orang tua/wali murid dan 1 guru bidang studi
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan.Berdasarkan dari hasil penelitian yang sudah
diperoleh maka dapat diketahui bahwa pembelajaran
menggunakan media daring pada pelajaran PJOK di SD KH.
M. NOER Surabaya masih belum efektif. Dikarenakan tidak
ada pengawasan dari guru PJOK. Pelajaran PJOK tidak bias
harus selalu menggunakan teori, tapi juga menggunakan
praktek langsung dibawah pengawasan guru. Dibuktikan
dengan banyaknya keluhan dari peserta didik ke guru PJOK
bahwa para peserta didik ingin untuk melakukan kegiatan
fisik di sekolah bersama teman-teman dan guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Jasmani (PenJas)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 01 Sep 2022 01:57
Last Modified: 11 Nov 2022 07:46
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/707

Actions (login required)

View Item
View Item