PERAN POLA ASUH DALAM PERKEMBANGAN KEMAMPUAN BICARA ANAK USIA DINI

NATASIA, NADIA (2022) PERAN POLA ASUH DALAM PERKEMBANGAN KEMAMPUAN BICARA ANAK USIA DINI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.

[thumbnail of 01. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
01. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (725kB)
[thumbnail of 02. ABSTRACT.pdf] Text
02. ABSTRACT.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (34kB)
[thumbnail of 03. BAB I.pdf] Text
03. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (275kB)
[thumbnail of 08. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (836kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Natasia, Nadia. 2021. Peran Pola Asuh terhadap Perkembangan
Kemampuan Bicara Anak Usia Dini.Program Studi
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas
Pedagogi dan Psikologi. Universitas PGRI Adi Buana
Surabaya. Pembimbing : Isabella Hasiana, S.Psi.,M.Psi.
Kata kunci : pola asuh, perkembangan anak, kemampuan bicara ,
anak usia dini
Perkembangan kemampuan berbicara anak adalah salah satu
perkembangan yang sangat penting bagi kehidupan anak usia dini,
dimana perkembangan ini dapat membantu sosialisasi anak pada
tahapan berikut dari kehidupan anak. Perkembangan berbicara ini
dapat ditunjang atau terstimulasi oleh jenis pola asuh yang
diterapkan oleh keluarga anak tersebut. Setiap keluarga memiliki
pola asuh masing-masing dimana pola asuh ini memberikan efek
atau dampak tersendiri bagi anak. Ada beberapa tipe pola asuh yaitu
pola asuh otoriter, pola asuh demokratis dan pola asuh permisif.
Metode yang digunakan ialah penelitian kualitatif , dengan
teknik pengambilan data yaitu melalui observasi, wawancara dan
dokumentasi. Batasan dalam penelitian ini ialah keluarga yang
memiliki anak dengan usia 2-3 tahun dan memiliki pola asuh yang
berbeda. Tujuan daripada penelitian ini ialah menjelaskan lebih
dalam tentang peran pola asuh terhadap perkembangan kemampuan
berbicara anak usia dini, kemudian mengetahui peran pola asuh
demokratis dalam menunjang perkembangan kemampuan berbicara
anak usia dini, dan yang terakhir untuk mengetahui peran pola asuh
permisif dalam menunjang perkembangan kemampuan berbicara
anak usia dini. Diharapkan penelitian ini memberikan manfaat yang
positif bagi anak, orangtua dan peneliti selanjutnya.
Hasil penelitian yang ditemukan ialah adanya perbedaan pola
asuh yang diterapkan menimbulkan perbedaan peran dalam
stimulasi perkembangan kemampuan berbicara anak usia dini, dan
bagaimana orangtua menyadari kewajiban untuk memberi stimulasi
secara maksimal perkembangan anak usia dini. Dan seiring
berkembangnya penelitian ini ditemukan bahwa urutan kelahiran
anak juga mempengaruhi bagaimana orangtua memberi perhatian
dan stimulasi pada perkembangan kemampuan berbicara anak usia
dini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Depositing User: Admin Perpus ADI BUANA
Date Deposited: 27 Jul 2022 06:19
Last Modified: 08 Nov 2022 07:39
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/73

Actions (login required)

View Item
View Item