PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI ASERTIF TRAINING DALAM KONSELING KELOMPOK TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA ANGGOTA OSIS SMP NEGERI 59 SURABAYA

Djabur, Anjelina M. Lunung (2019) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI ASERTIF TRAINING DALAM KONSELING KELOMPOK TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA ANGGOTA OSIS SMP NEGERI 59 SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI ADI BUANA Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (627kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK SKRIPSI.pdf] Text
2. ABSTRAK SKRIPSI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (211kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (110kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (578kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Anjelina M. Lunung Djabur. 2019 “ Pengaruh Penggunaan Strategi
Asertif Training Dalam Konseling Kelompok Terhadap
Komunikasi Interpersonal Siswa Anggota Osis SMP Negeri
59 Surabaya”. Skripsi , Program Studi Bimbingan Dan
Konseling, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing: BOY
SOEDARMADJI S.Pd. M.Pd.
Kata Kunci: Asertif Training, Bimbingan Kelompok, Komunikasi
Interpersonal
Asertif merupakan perilaku yang dapat membela kepentingan
pribadi, mengekspresikan perasaan dan pikiran baik positif maupun
negative secara jujur dan langsung tanpa mengurangi hak-hak dan
kepentingan orang lain. komunikasi interpersonal sebagai rangkaian
proses sistematis perilaku yang bertujuan yang terjadi dari waktu ke
waktu atau berulang kali. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
signifikansi pengaruh penggunaan strategi asertif training dalam
bimbingan kelompok terhadap komunikasi interpersonal siswa
anggota osis SMP Negeri 59 Surabaya.
Metode yang digunakan adalah penelitian pra-eksperimental
dengan rancangan one group pretest posttest design, terhadap populasi
32 siswa anggota osis dengan menggunakan teknik purposive
sampling. metode pengumpulan data yang digunakan yaitu skala
pengukuran komunikasi interpersonal yang telah dilakukan uji
validasi dan uji reabilitas product moment. Data penelitian di analisis
menggunakan SPSS for windows versi 16.0 dengan teknik uji
Wilcoxon non parametric dengan nilai Z (-2.207) dengan Asymp. Sig
(2-tailed) bernilai 0,027 dimana 0,027 ≤ 0,05 (taraf signifikan).
Hasil penelitian ini disimpulkan terdapat pengaruh positif
yang signifikan pengaruh penggunaan strategi asertif training dalam
bimbingan kelompok terhadap komunikasi interpersonal siswa
anggota osis SMP Negeri 59 Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 23 Sep 2022 03:15
Last Modified: 24 Nov 2022 04:27
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/817

Actions (login required)

View Item
View Item