PENGARUH MEDIA FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DI KELAS A TK KARUNIA TAHUN AJARAN 2020-2021

SUGIYANTO, NATALIA CHRISTINA (2021) PENGARUH MEDIA FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DI KELAS A TK KARUNIA TAHUN AJARAN 2020-2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (482kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (192kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (316kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA .pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (748kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Christina, Natalia. 2021 Pengaruh Media Flashcard Terhadap
Kemampuan Membaca Permulaan Di Kelas A TK Karunia
Surabaya Tahun Ajaran 2020- 2021. Program Studi Pendidikan
Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu
Kependidikan. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing (1) Drs. A. Fachrurrazi, M.Pd (2) Titah Kinasih,
S.S., S.Pd., M.Si.
Kata Kunci : Media Flashcard, Membaca Permulaan,
Anak Usia Dini.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan kognitif
yaitu mengenal media Flashcard pada anak usia 4-5 tahun yang
masih rendah. Masih rendahnya kemampuan anak dalam
mengenal kemampuan membaca permulaan ini disebabkan
kurangnya pemanfaatan media dalam proses pembelajaran.
Guru sebatas menggunakan LKA (Lembar Kerja Anak)
sehingga kurang menarik minat dan perhatian anak terhadap
materi yang diberikan oleh guru. Tujuan yang ingin dicapai pada
penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media Flascard
terhadap kemampuan kognitif mengenal kemapuan membaca
permulaan anak usia 4-5 tahun di TK Karunia Surabaya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian
menggunakan pre eksperimen dengan menggunakan one grup
pretest-postest design. Subjek penelitian merupakan anak
kelompok A di TK Karunia Surabaya dengan jumlah 15 anak.
Metode pengumpulan data yang digunakan merupakan
observasi serta dokumentasi. Menggunakan metode analisis
statistik dengan rumusan yang digunakan merupakan Test yang
sesuai dengan judul penelitian yaitu Pengaruh Media Flashcard
Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Di Kelas A Tk
Karunia Surabaya. Digunakan pre-test dan post-test one group
design maka dengan uji t.
Hasil perhitugan menggunakan rumus uji t menunjukkan
bahwa t hitung (thit) 14,06 dan t tabel 1.76131 untuk taraf
signifikan 0,05 taraf signifikansi 0,05, dan 2.62449 untuk taraf
signifikansi 0,01. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa nilai
t-hitung > t- tabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Berarti
dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara media Flascard
terhadap kemampuan mengenal bentuk kartu gambar kelompok
A anak usia 4-5 tahun di TK Karunia Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
N Fine Arts > NE Print media
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 07 Oct 2022 08:35
Last Modified: 11 Nov 2022 06:45
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/923

Actions (login required)

View Item
View Item