PENGARUH PERMAINAN EKSPERIMEN AIR PELANGI TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK 4 - 5 TAHUN TK RAM 186 DARUL ULUM MOJOSARIREJO DRIYOREJO-GRESIK.

Nurlaili, Tri Indah (2021) PENGARUH PERMAINAN EKSPERIMEN AIR PELANGI TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK 4 - 5 TAHUN TK RAM 186 DARUL ULUM MOJOSARIREJO DRIYOREJO-GRESIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (749kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (12kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (163kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (730kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Laili, Tri Indah N. 2021. Pengaruh Permainan Eksperimen Air Pelangi
Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun di TK Ram 186
Darul Ulum Mojosarirejo, Driyorejo-Gresik. Skripsi, Jurusan
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Pedagogi dan
Psikologi, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing
Utama Made Ayu Anggreni, S.Psi., M.Pd dan Pembimbing Kedua
Ervina Nurul Affrida, S.Pd., M.Si.
Kata Kunci : Permainan Eksperimen, Kemampuan Kognitif
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kempuan kognitif anak usia
4-5 dalam mengenal warna yang masih belom optimal saat dilakukan
permainan eksperimen, sala satunya permainan eksperimen air
pelangi. Hal ini disebabkan karena giru kurang bervasiasi dalam
memberikan pembelajran kepada anak. Banyak metode-metode yang
dapat dilakukan saat memberikan pembelajaran salah satunya yaitu
dengan eksperimen, pembelajaran ini dilakukan dimana anak akan
melakukan percobaan tentang suatu hal, lalu mengamati prosesnya
serta menuliskan hasilnya. Tetapi kenyatan selama proses pembelajran
guru masih menggunakan bahan ajar LKS sehingga anak hanya
cenderung mengerjakan apa yang ada di dalamnya serta kurang
dierikan wawasan tentang pendidikan anak usia dini.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif
dengan jenis penelitian pre eksperimen dengan menggunakan one
group pretest-posttest design. Subjek pada penelitian ini yaitu anak
usia 4-5 tahun di TK Ram 186 Darul Ulum Mojosarirejo DriyorejoGresik sejumlah 16 anak. Metode dalam pengumpulan data dengan
menggunakan observasi, tes dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan rumus uji T yang
memperoleh hasil Thitung adalah.4.117 lebih besar dari T table, dengan
demikian dappat dikatakan T hitung > T table. Maka Hipotesis nol (
Ho ) ditolak dan hipotesis alternative ( Ha ) diterima, dapat
disimpulkan bahwa ada pengaruh permainan eksperimen air pelangi
terhadap kemampun kognitif anak usia 4-5 di TkRam186 Darul Ulum
Mojosarirejo Driyorejo-Gresik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 12 Oct 2022 03:21
Last Modified: 11 Nov 2022 06:42
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/953

Actions (login required)

View Item
View Item