PENGARUH KEGIATAN BERMAIN GEOMETRI TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA PERSATUAN MENUNGGAL KEDAMEAN GRESIK TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Widhiyanti, Pitria Indra (2021) PENGARUH KEGIATAN BERMAIN GEOMETRI TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA PERSATUAN MENUNGGAL KEDAMEAN GRESIK TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (491kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (190kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (326kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA dan lampiran.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA dan lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Indra, Pitria W. 2021. Pengaruh Kegiatan Bermain Geometri
Terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Anak Kelompok A
TK Dharma Wanita Persatuan Menunggal Kedamean Gresik
Tahun Pelajaran 2020/2021. Program Studi Pendidikan Guru
Anak Usia Dini. Fakultas Pedagogik dan Psikologi.
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing (1) Drs.
A. Fachrurrazi, M.Pd. Pembimbing (2) Titah Kinasih, S.S.,
S.Pd., M.Si.
Kata Kunci: mengenal bentuk, geometri, kognitif
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalah yang ditemui
di TK Dharma Wanita Persatuan Menunggal Kedamean Gresik bahwa
kemampuan anak dalam mengenal bentu-bentuk geometri belum
berkembang dengan baik, disebabkan oleh penggunaan media dalam
proses pembelajaran masih kurang, guru hanya menggunakan majalah
(buku belajar siswa) dalam pembelajaran. Selain itu, guru hanya
menggunakan media papan tulis dan papan tulis dan gambar macammacam bentuk geometri, serta pengalaman bentuk geometri kurang
dilakukan dengan kegiatan bermain. Tujuan penelitian untuk
mengetahui kegiatan bermain geometri berpengaruh terhadap
kemampuan mengenal bentuk pada anak kelompok A TK Dharma
Wanita Persatuan Menunggal Kedamean Gresik tahun Pelajaran
2020/2021.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dalam
klasifikasi pre eksperimen dengan menggunakan one group pretestposttes design. Subjek penelitian adalah anak kelompok A di TK
Dharma Wanita Persatuan Menunggal Kedamean Gresik dengan
jumlah 15 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi dengan menggunakan alat penelitian berupa lembar
observasi serta dokumentasi. Menggunakan metode analisis statistik
dengan rumusan yang digunakan adalah Uji t yang sesuai dengan judul
penelitian yaitu Pengaruh Kegiatan Bermain Geometri Terhadap
xv
Kemampuan Mengenal Bentuk Anak Kelompok A TK Dharma
Wanita Persatuan Menunggal Kedamean Gresik Tahun Pelajaran
2020/2021. Teknik analisis data menggunakan Uji t.
Hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai t hitung = 21,52
dan t tabel 1.76131 untu taraf signifikasi 0,05, dan 2.62449 untuk taraf
signifikasi 0,01. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa nilai t(hit) >
t(table), karena nilai t tabel lebih kecil daripada t hitung maka Hipotesis
Nol (H0) ditolak dan Hipotesis Kerja (H1) diterima. Dapat disimpulkan
bahwa kegiatan bermain geometri berpengaruh terhadap kemampuan
mengenal bentuk anak kelompok A TK Dharma Wanita Persatuan
Menunggal Kedamean Gresik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 12 Oct 2022 08:14
Last Modified: 11 Nov 2022 04:42
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/976

Actions (login required)

View Item
View Item