Analisis Kemampuan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Logaritma Berdasarkan Tahapan Berpikir Kritis

Agustinawardani, Siti (2021) Analisis Kemampuan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Logaritma Berdasarkan Tahapan Berpikir Kritis. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (511kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (47kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (129kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (934kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Memecahkan masalah merupakan suatu proses menerapkan pengetahuan yang telah diperoleh sebelumnya kedalam situasi baru yang belum dikenal. Kemampuan pemecahan masalah matematika sangat penting bagi siswa. Di dalam dunia pendidikan terutama pada materi matematika, masih banyak siswa yang kesulitan memecahkan permasalahan yang diberikan. Faktor penyebab siswa mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah matematika, dapat bersumber dari guru maupun siswa. Sedangkan untuk memecahkan sebuah masalah siswa juga harus berpikir secara kritis. Walker dan Finney (1999: 540) menyatakan berpikir kritis adalah suatu proses intelektual dalam pembuatan konsep, mengaplikasikan, menganalisis, mensintesis, atau mengevaluasi sebagai informasi yang didapat dari hasil observasi, pengalaman, refleksi, di mana hasil proses ini digunakan sebagai dasar saat mengambil tindakan. Selanjutnya berusaha menemukan alternatif lain dalam memecahkan masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan sebuah masalah matematika yang diberikan dengan menggunakan indikator NCTM. Penelitian ini dilakukan di kelas X MIPA 1 SMA Hang Tuah 4 Surabaya dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes dan wawancara. Dengan mencari 3 subjek dan membagi menjadi 3 kategori yaitu tinggi, sedang dan rendah. Uji keabsahan data menggunakan tringualiasi teknik. Hasil dari peneitian ini bahwa masih kurangnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan maalah pada setiap soal yang diberikan.
Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, Tahapan Berpikir Krtitis, NCTM

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Endah Yuni PERPUS
Date Deposited: 28 Oct 2022 07:06
Last Modified: 14 Dec 2022 07:18
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1353

Actions (login required)

View Item
View Item