Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Smpn 3 Krian Pada Materi Bentuk Aljabar

Adhimah, Fitrotul (2021) Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Smpn 3 Krian Pada Materi Bentuk Aljabar. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (778kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (36kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (128kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Salah satu materi pembelajaran matematika yang menuntut kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah yaitu materi bentuk aljabar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP pada materi bentuk aljabar. Penelitian ini menggunakan indikator analisis Polya yang terdiri dari 4 langkah yaitu memahami masalah, membuat rencana pemecahan, melaksanakan rencana pemecahan, dan memeriksa kembali. Penelitian ini menggunakan 5 subjek dengan kategori kemampuan sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah dan sangat rendah dari 35 siswa kelas 7A SMPN 3 Krian, Sidoarjo. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik. Dari penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa subjek memiliki pemahaman konsep dan pemecahan masalah yang sedang, yaitu dengan persentase kesalahan menjawab soal sebesar 47%. Hal ini disebabkan oleh kesalahan yang dilakukan oleh subjek di tiap indikator pemecahan masalah. Kesalahan yang dilakukan oleh subjek adalah (1) pada langkah memahami masalah, subjek tidak menuliskan informasi diketahui dan ditanya, (2) pada langkah membuat rencana pemecahan, subjek menggunakan strategi penyelesaian kurang sesuai, (3) pada langkah melaksanakan rencana pemecahan, subjek kurang tepat dalam mengoperasikan notasi rumus, (4) pada tahap memeriksa kembali, subjek tidak menuliskan kesimpulan serta ada yang menuliskan kesimpulan tetapi kesimpulan tersebut kurang tepat.
Kata Kunci: Bentuk Aljabar, Kemampuan Pemahaman Konsep, Kemampuan Pemecahan Masalah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Endah Yuni PERPUS
Date Deposited: 04 Nov 2022 03:57
Last Modified: 19 Dec 2022 04:48
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1402

Actions (login required)

View Item
View Item