EFEKTIFITAS TEKNIK SELF-INSTRUCTION DALAM KONSELING KELOMPOK UNTUK MEREDUKSI KEJENUHAN BELAJAR DI MASA PANDEMI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 9 GRESIK

Putri, Sherly Amanda Winsya (2022) EFEKTIFITAS TEKNIK SELF-INSTRUCTION DALAM KONSELING KELOMPOK UNTUK MEREDUKSI KEJENUHAN BELAJAR DI MASA PANDEMI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 9 GRESIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN .pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (189kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (324kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (304kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Winsya Putri, Sherly Amanda. 2022. Efektifitas Teknik Self-Instruction dalam
Konseling Kelompok Untuk Mereduksi Kejenuhan Belajar Di Masa Pandemi Pada
Siswa SMP NEGERI 9 GRESIK. Program Studi Bimbingan dan Konseling.
Fakultas Pedagogik dan Psikologi. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing Muwakhidah, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci : Teknik self-instruction dalam Konseling Kelompok, Kejenuhan
Belajar.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi saat ini yaitu
pandemic COVID-19 yang menyebabkan sector pendidikan melemah dan
mengharuskan anak-anak untuk sekolah dari rumah yang mengakibatkan anak-anak
mengalami kejenuhan belajar. Kejenuhan belajar adalah suatu kondisi emosional
dan mental yang mengalami kelelahan fikis dan emosi pada saat belajar, sehingga
siswa merasa lesu dan tidak mampu untuk menampung materi atau informasi yang
baru, serta siswa merasa tidak ada minat dan motivasi dalam belajar. Tujuan yang
ingin dicapai pada penelitian ini untuk mengetahui efektifitas teknik self-instruction
dalam konseling kelompok untuk mereduksi kejenuhan belajar di masa pandemic
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan
metode rancangan penelitian pra-eksperimental menggunakan one group pre-test
post-test design. Penelitian ini memiliki dua variabel yaitu, variabel terikat (X)
kejenuhan belajar dan variabel bebas (Y) teknik self-instruction dalam konseling
kelompok. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VII C dan VII H
di SMP Negeri 9 Gresik. Sampel dalam penelitian ini yaitu 8 siswa yang memilik
skor kejenuhan belajar tinggi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah
angket atau kuesioner berupa pre-test dan post-test. Menggunakan teknik analisis
data uji Wilcoxon dengan judul penelitian yaitu Efektifitas Teknik self-instruction
dalam Konseling Kelompok Untuk Mereduksi Kejenuhan Belajra Di Masa
Pandemic Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Gresik.
Berdasarkan hasil penelitian menggunakan uji Wilcoxon yang dibantu oleh
SPSS for windows versi 25 dan mendapatkan hasil uji test statistic bernilai 0,012.
Karena nilai 0,012 lebih kecil dari  0,050 maka dapat disimpulkan bahwa Ha
diterima. Berarti dapat disimpulkan bahwa ada efektifitas teknik self-instruction
dalam konseling kelompok untuk mereduksi kejenuhan belajar di masa pandemic
pada siswa kelas VII SMP Negeri 9 Gresik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 18 Nov 2022 08:27
Last Modified: 18 Nov 2022 08:28
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1535

Actions (login required)

View Item
View Item