PENGARUH TEKNIK SELF CONTROL UNTUK MENGURANGI KECANDUAN GAME ONLINE PESERTA DIDIK

Sholihah, Siti Aisa Nikmatus (2022) PENGARUH TEKNIK SELF CONTROL UNTUK MENGURANGI KECANDUAN GAME ONLINE PESERTA DIDIK. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (624kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (195kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (337kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (410kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Nikmatus Sholihah, Siti Aisa. 2022. Pengaruh Teknik Self Control
Untuk Mengurangi Kecanduan Game Online Peserta
Didik. Program Studi Bimbingan dan Konseling.
Fakultas Pedagogi dan Psikologi. Universitas PGRI Adi
Buana Surabaya. Pembimbing (1) Dr. Mudhar, S.Psi.,
M.Si.
Kata kunci: Kecanduan Game Online, Teknik Self Control, Peserta
Didik.
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh antara
teknik self control dengan kecanduan game online. Penelitian ini
dilatar belakangi oleh fenomena kecanduan ditemukan di sekolah
oleh peneliti melalui pengamatan terhadap guru bk di sekolah yang
memberikan informasi bahwa kebanyakan siswa menalami
kecanduan game karena kurangnya kontrol diri. Kecanduan game
online adalah perilaku ketergantungan individu pada permainan
teknologi yang berbasis pada jaringan internet dimana penggunanya
tidak mampu mengendalikan keinginannya untuk terus menerus
bermain game sehingga memberikan dampak negatif bagi dirinya
dan mempegaruhi prestasi belajarnya.Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui penerapan teknik self control dalam konseling
kelompok untuk mengurangi kecanduan game online peserta
didik.Metode penelitian inimenggunakan rancangan penelitian One
Group Pre-Test Post-Test Design, populasi 62 siswa kelas XI sebagai
sampel penelitian yang diambil secara purposive sampling.
Penggunaan teknik self control ini membuat penurunan
tingkat kecanduan game online dari 10 siswa dengan menunjukkan
bahwa terjadi peningkatan rata-rata (mean) variabel kecanduan game
online (Pre-Test) sebelum diberikan treatment sebesar 83,50 dengan
standar deviasinya 5.523 sedangkan mean variabel kecanduan game
online setelah diberikan treatment Post-Test sebesar 61,50 dengan
standar deviasinya 11.198. Berdasarkan perhitungan menggunakan
SPSS versi 25 statistik Uji Wilxoson Non-Parametric Tests yang
menunjukkan hasil Negative Ranks hasil kecanduan game online
untuk Pre Test dan Post Test nilai N 10a , Mean Rank 5.50 dan Sum Rank 55.00 menunjukkan adanya penurunan kecanduan game online
pada peserta didik
Berdasarkan hasil Test Statistics diketahui Asymp.Sig (2-
tailed) bernilai 0,005. Karena nilai 0,005 < 0,05 maka dapat
disimpulkan Hipotesis diterima. Artinya ada perbedaan antara hasil
kecanduan game online untuk Pre Test dan Post Test. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa ada pengaruh teknik self control untuk
mengurangi kecanduan game online peserta didik. Dari hasil
hipotesis di atas, dapat disimpulkan bahwa teknik self kontrol dalam
konseling kelompok berpengaruh mengurangi kecanduan game
online peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Krian

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 22 Nov 2022 03:16
Last Modified: 22 Nov 2022 03:16
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1595

Actions (login required)

View Item
View Item