PENGARUH TEKNIK RESTRUKTURING KOGNITIF DALAM KONSELING KELOMPOK TERHADAP KECEMASAN BELAJAR SISWA KELAS XI MIPA SMA Dr. SOETOMO SURABAYA

Nais, Novia Sustiana (2022) PENGARUH TEKNIK RESTRUKTURING KOGNITIF DALAM KONSELING KELOMPOK TERHADAP KECEMASAN BELAJAR SISWA KELAS XI MIPA SMA Dr. SOETOMO SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1 HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1 HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (364kB)
[thumbnail of 2 ABSTRAK.pdf] Text
2 ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (148kB)
[thumbnail of 3 BAB I.pdf] Text
3 BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (178kB)
[thumbnail of 8 DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (367kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

K
Nais, Novia Sustiana. 2022. Pengaruh Teknik Restrukturing Kognitif
Dalam Konseling Kelompok Terhadap Kecemasan Belajar
SiswaKelas XI MIPA SMA Dr. Soetomo Surabaya.Program
Studi Bimbingan dan Konseling. Universitas PGRI Adi Buana
Suarabaya. Pembimbing (1) Dr. Mudhar, S.Psi., M.Si (2)
Dimas Ardika M.S.Pd., M.Pd.
Kata kunci: Teknik Restrukturing Kognitif, Konseling Kelompok,
Kecemasan Belajar Siswa.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pikiran irasional siswa
yang menimbulkan kecemasan dalam belajar mereka. Masih ada
siswa yang belum mampu secara mandiri dalam menempatkan diri
dan mengarahkan belajar mereka. Hal itu cendrung membuat siswa
berpikir negatif tentang hasil belajar. Pikiran yang tidak
realistis/negatif akan membuat siswa merasa ragu dengan diri
sendiri, sulit berkonsentrasi serta kurang mampu dalam
memaksimalkan diri dengan baik selama kegiatan belajar
berlangsung. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini untuk
mengetahui pengaruh teknik restrukturing kognitif dalam konseling
kelompok terhadap kecemasan belajar siswa kelas XI MIPA SMA
Dr. Soetomo Surabaya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan
jenis penelitian pre eksperimen dengan menggunakan one grup
pretest-posttest design, diberikan kepada 4 orang siswa kelas XI
MIPA SMA Dr. Soetomo Surabaya yang mendapat skor kecemasan
belajar tinggi sebagai sampel yang diambil dengan teknik purposive
sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah
menggunakan skala pengukuran kecemasan belajar siswa. Data
penelitian dianalisis dengan menggunakan bantuan SPSS for
windows versi 26.0 dengan teknik analisis data non parametrik yang
menggunakan uji wilcoxon.
Berdasarkan hasil analisis uji Wilcoxon diketahu bahwa nilai
Z= -1.841 dan Sig (P) = 0,066 yang berartiSig (P) > 0,05. Karena
nilai 0,066 > 0,05 maka hipotesis ditolak. Dapat disimpulkan
penggunaan teknik restrukturing kognitif dalam konseling kelompok
tidak dapat menurunkan kecemasan belajar siswa secara signifikan
kelas XI MIPA SMA Dr. Soetomo Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 22 Nov 2022 04:02
Last Modified: 22 Nov 2022 04:03
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1600

Actions (login required)

View Item
View Item