PENGARUH MEDIA BONEKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS 3 SDN TENGGILIS MEJOYO 1 SURABAYA

Natalia, Merlina (2022) PENGARUH MEDIA BONEKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS 3 SDN TENGGILIS MEJOYO 1 SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of Halaman Depan.pdf] Text
Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (293kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (15kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (101kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (67kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Natalia, Merlina. 2022. Pengaruh Media Boneka
Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada
Siswa Kelas 3 SDN Tenggilis Mejoyo 1
Surabaya. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas
Pedagogi dan Psikologi, Universitas PGRI
Adi Buana Surabaya. Dosen Pembimbing
(1) Apri Irianto, S.H., M.Pd. (2) Pana
Pramulia, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci : Pengaruh, Media Boneka, Pembelajaran
Matematika
Pemilihan media yang tepat untuk menyampaikan
suatu materi pembelajaran merupakan salah satu kunci
keberhasilan dalam pembelajaran. Media memiliki
peran sebagai alat bantu untuk mempermudah proses
pembelajaran. Media boneka merupakan boneka yang
digunakan dalam pembelajaran matematika pada
peserta didik kelas III. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah
Quasi Experimental Design dengan desain penelitian
PosttestOnly Control Design. Sampel pada penelitian
ini adalah peserta didik kelas III A dengan jumlah 28 dan III B dengan jumlah 28 peserta didik. Teknik sampling yang digunakan Simple Random Sampling. Data yang diambil berupa tes. Teknik yang digunakan yaitu tes unjuk kerja. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh media boneka terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas III SDN Tenggilis Mejoyo 1Surabaya. Hal ini dilihat dari hasil nilai ratarata pada kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol. Rata-rata nilai tes matematika pada kelas III A(kelas eksperimen) adalah 75,2. Sedangkan rata-rata nilai tes matematika pada kelas III B (kelas kontrol) adalah 66,79.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 05 Dec 2022 03:48
Last Modified: 05 Dec 2022 03:48
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2172

Actions (login required)

View Item
View Item