The Use Of Fly Swatter Game In Teaching Vocabulary And Its Effect On Vocabulary Achievement Of 7th Grade Students Of SMPN 1 Wonoayu

Royyani, Umi Niswatin (2019) The Use Of Fly Swatter Game In Teaching Vocabulary And Its Effect On Vocabulary Achievement Of 7th Grade Students Of SMPN 1 Wonoayu. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (657kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (135kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (169kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pengajaran kosakata menggunakan permainan Fly Swatter pada pencapaian kosakata siswa. Dalam penelitian ini, ditemukan banyaknya siswa SMPN 1 Wonoayu yang mendapatkan kesulitan ketika mereka berbicara menggunakan bahasa Inggris. Mereka juga sering merasa kesulitan dalam mengerjakan soal-soal karena keterbatasan kosakata yang mereka ketahui. Oleh sebab itu, digunakanlah permainan Fly Swatter dalam proses pengajaran kosakata. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Dalam pengambilan data, digunakan True Experimental Design, yakni Pretest Post-test Control Group Design. Pengambilan sampel, dilakukan melalui Cluster Random Sampling, dan dipilihlah 2 kelas secara acak dari 10 kelas yang ada di kelas 7, yaitu kelas VII-I sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-H sebagai kelas control. Jumlah total keseluruhan siswa yang menjadi sampel yaitu 64 siswa. Data diperoleh melalui pre-test dan post-test kosakata dengan menggunakan tes objektif dan subjektif. Analisis data dilakukan menggunakan formula t-test. Berdasarkan analisis data, hasil t-hitung adalah 2,25 dengan df = 62. Nilai t-tabel pada standar pengaruh 5% atau 0,05 adalah 1.99897. Hasil tersebut menunjukkan bahwa t-hitung lebih besar dari t-tabel, yakni 2,25 > 1.99897. Itu berarti bahwa, H0 (Hipotesis Nol) ditolak dan Ha (Hipotesis Alternatif) diterima atau ada dampak yang signifikan dari penggunaan permainan Fly Swatter pada pencapaian kosakata siswa. Permaian Fly Swatter membuat siswa aktif dan antusias dalam belajar kosakata. Selain itu, mereka juga bisa mempelajari kosakata baru dengan mudah melalui permainan.
Kata kunci: fly swatter game, students’ vocabulary achievement

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISH) > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Endah Yuni PERPUS
Date Deposited: 20 Feb 2023 03:01
Last Modified: 20 Feb 2023 03:52
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/3925

Actions (login required)

View Item
View Item