ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN TEORI NEWMAN

WARDANA, DWIKY MAULIDAN (2022) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN TEORI NEWMAN. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (742kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (13kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (480kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (399kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata kunci: Analisis Kesalahan, Soal Cerita, Teori Newman Materi teorema Pythagoras merupakan materi yang dipelajari pada jenjang SMP di kelas VIII. Pada materi teorema Pythagoras, bentuk soal yang sering muncul adalah soal cerita. Soal cerita
merupakan soal yang berkaitan dengan masalah kehidupan sehari-hari yang berbentuk cerita. Siswa relatif lebih sulit menghadapi soal cerita matematika. tujuan dilakukan penelitian untuk menganalisis jenis kesalahan siswa kelas VIII-A SMP YP 17 Surabaya dalam menyelesaikan soal cerita matematika guna mengetahui jenis kesalahan dan faktor penyebab siwa melakukan kesalahan menggunakan teori Newman. Teori Newman meliputi kesalahan membaca (reading error), kesalahan memahami soal
(comprehension error), transformasi masalah (transformation error), kesalahan proses (process skill error), dan kesalahan penulisan jawaban akhir (encoding error). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode tes dan wawancara, subjek penelitian diambil 3 siswa yang mendapatkan nilai terendah untuk dilakukan wawancara. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi teknik.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil
terdapat 4 jenis kesalahan yang sering dilakukan siswa yaitu
kesalahan memahami soal (comprehension error) dengan faktor
internal penyebab kesalahan siswa terbiasa tidak menuliskan
diketahui ditanya, kesalahan transformasi (transformation error) dengan faktor internal penyebab kesalahan siswa kurang menguasai materi, kesalahan proses (process skill error) dengan faktor internal penyebab siswa terburu-buru dan kurang teliti, dan kesalahan dalam menulis jawaban (encoding error) dengan faktor internal penyebab vi kesalahan siswa terbiasa tidak menuliskan kesimpulan pada soal cerita matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GA Mathematical geography. Cartography
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 10 Jul 2023 07:08
Last Modified: 10 Jul 2023 07:08
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/4274

Actions (login required)

View Item
View Item