ANALISIS KESALAHAN MENURUT NEWMAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 MENGANTI

RENANDA, RISMIA (2022) ANALISIS KESALAHAN MENURUT NEWMAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 MENGANTI. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (748kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (17kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (96kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (125kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci : Analisis Kesalahan Persamaan Trigonometri,
Metode Newman
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis
kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal
cerita persamaan trigonometri. Jenis penelitian ini adalah
penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini
adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Menganti yang terdiri dari
1 kelas. Subjek penelitian adalah 36 orang siswa Kelas XI SMA
Negeri 1 Menganti. Selanjutnya peneliti memilih 4 orang siswa
dengan masing-masing 1 orang siswa tingkatan kemampuan
(Tinggi dan Sedang) dan 2 orang siswa tingkatan kemampuan
(Rendah), dengan kriteria penentuan subjek.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan
wawancara. Kerangka analisis dikembangkan berdasarkan
analisis kesalahan Newman. Hasil penelitian ini adalah (1)
siswa yang memiliki tingkat kemampuan tinggi cenderung
melakukan kesalahan pada tahap penulisan jawaban akhir
karena siswa tidak terbiasa menuliskan kesimpulan dari soal
cerita yang diberikan. (2) siswa yang memiliki kemampuan
sedang cenderung melakukan kesalahan pada keterampilan
xvii
proses karena kurang teliti dalam menghitung dan melakukan
kesalahan pada tahap penulisan jawaban akhir karena siswa
tidak terbiasa menuliskan kesimpulan dari soal cerita yang
diberikan. (3) siswa yang memiliki kemampuan rendah
cenderung melakukan kesalahan pada tahap memahami soal
karena tidak dapat menuliskan diketahui dan ditanyakan pada
soal, kesalahan di tahap transformasi karena tidak menuliskan
model matematika yang akan digunakan untuk menyelesaikan
soal karena kurang memahami materi, kesalahan di tahap
keterampilan proses karena tidak mengetahui metode apa saja
yang digunakan dalam menyelesaikan soal cerita dan juga tidak
dapat menyelesaikan proses perhitungannya karena tidak
memahami masalah pada soal, dan kesalahan penulisan
jawaban akhir karena tidak terbiasa membuat kesimpulan dari
soal cerita yang diberikan karena kurang memahami materi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GA Mathematical geography. Cartography
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 10 Jul 2023 07:27
Last Modified: 10 Jul 2023 07:27
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/4275

Actions (login required)

View Item
View Item