ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERDASARKAN TAHAPAN KASTOLAN

Nikmatin (2022) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERDASARKAN TAHAPAN KASTOLAN. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (881kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (11kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (91kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (149kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata kunci: Program Linear, Analisis Kesalahan, Tahapan Kastolan
Dalam praktiknya selama proses pembelajaran matematika, siswa kerap melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika materi Program Linear meskipun materi tersebut telah dituntaskan oleh siswa. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis kesalahan dan faktor penyebab kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Taman dalam menyelesaikan soal matematika materi Program Linear berdasarkan tahapan Kastolan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian terdiri dari 4 orang siswa berdasarkan nilai
terendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes
tertulis dan wawancara semi terstruktur yang masing-masing
dilakukan dalam 2 tahap. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keempat subjek penelitian melakukan jenis kesalahan konseptual dan kesalahan
prosedural pada tes tahap I dan tes tahap II soal nomor 1, 2 dan 3. Sementara untuk kesalahan teknik dilakukan oleh subjek S1 dan S3 pada soal tes tahap II nomor 2 dan subjek S2 pada soal tes tahap II nomor 1. Faktor internal penyebab kesalahan yaitu tidak terbiasa menuliskan informasi yang diketahui dan/atau ditanyakan pada soal, tergesa-gesa, kurang teliti atau tidak cermat ketika membaca soal, kesulitan dalam merumuskan model matematika, kesulitan dalam menentukan koordinat titik pojok, kurangnya latihan soal cerita materi Program Linear, serta cenderung mempersingkat jawaban. Sedangkan faktor eksternal penyebab kesalahan yaitu kurangnya waktu yang diberikan kepada siswa selama pelaksanaan tes.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GA Mathematical geography. Cartography
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:01
Last Modified: 10 Jul 2023 08:01
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/4278

Actions (login required)

View Item
View Item